FGD meningkatkan sinergitas keutuhan NKRI dengan mengantisipasi bahaya hoax dan paham radikalisme, di Kota Palu, Rabu (14/3/2018). [Ahmad]

MUI Dukung Polres Palu Perangi Informasi Hoax

Palu, Jurnalsulawesi.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu mendukung langkah Kepolisian Resort Palu untuk memerangi informasi hoax, demi merawat dan meningkatkan kualitas persaudaraab dan perdamaian di daerah tersebut.

Dukungan itu ditunjukkab oleh MUI Palu pada deklarasi anti hoax dirangkaikan dengan FGD dengan tema meningkatkan sinergitas keutuhan NKRI dengan mengantisipasi bahaya hoax dan paham radikalisme, di salah satu hotel di Kota Palu, Rabu (14/3/2018).

“Majelis Ulama Indonesia mendukung kepolisian untik merawat perdamaian, kerukunan dan ketentraman, dengan upaya memerangi hoax,” ungkap Ketua MUI Kota Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg.

Deklarasi anti hoax dan FGD dilaksanakan oleh Satuan Tugas Nusantara Polres Palu melibatkan antara lain tokoh agama dan akademisi.

Prof Zainal Abidin MAg mengemukakan umat beragama utamanya umat Islam harus cerdas memilah dan menyebarkan informasi. Kecerdasan itu ditandai dengan melakukan kevalidan dan keabsahan atau kebenaran suatu informasi yang diterima.

Pakar pemikiran Islam modern ini menyebut Islam melarang umat-nya menyebarkan informasi yang tidak benar, informasi yang berbau provakasi dan memecah belah.

“Islam justru menganjurkan pemeluknya untuk cerdas dalam mengelola informasi, cerdas dalam mengakses informasi dan menyebarkan informasi. Bila informasi yang didapat lebih berdampak negatif, maka jangan di sebarkan, serta lakukan pengecekan terhadap kebenaran informasi,” kata Prof Zainal Abidin MAg.

Tokoh pembaharuan dalam Islam ini menyatakan terdapat tiga tipe pengguna media sosial. Pertama, Pengguna yang cerdas.

Kedua, pengguna media sosial yang cerdik dan ketiga, pengguna media sosial partisipatif.

“Tipe pengguna kedua dan ketiga bisa menggangu kebhinekaan persatuan dan kesatuan bangsa. Pengguna yang baru menggunakan media sosial atau baru menggunakan elektronik gadget, lalu ketika menerima informasi tanpa melakukan filter terhadap informasi yang diterima langsung di bagikan kepada yang lain,” terangnya. [***]

Penulis; Ahmad

(Visited 52 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*