Kapolda Sulteng Brigjend Pol Drs I Ketut Argawa menyaksikan penandatanganan pakta integritas Casis Polisi bersama orang tua dan panitia penerimaan Bintara, Tamtama dan Perwira Polri Tahun 2018, di Aula Torabelo, Mapolda Sulteng, Jumat (13/4/2018). [Humas Polda Sulteng]

Panitia, Orang Tua dan Casis Polisi Disumpah di Mapolda Sulteng

Palu, Jurnalsulawesi.com – Sebanyak 1.845 Calon siswa dan siswi (Casis) bersama orang tua dan panitia penerimaan Bintara, Tamtama dan Perwira Polri Tahun 2018, melakukan penandatanganan pakta integritas serta pengambilan sumpah di Aula Torabelo, Mapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (13/4/2018).

Pakta integritas yang dilaksanakan di Polda Sulteng ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda di Indonesia, sebagai bentuk janji moral dalam proses mengikuti tahapan seleksi yang berlaku bagi pejabat utama, pengawas internal dan eksternal serta para orang tua peserta calon anggota Polri.

Kapolda Sulteng Brigjend Pol Drs I Ketut Argawa, SH, MH, MM mengatakan, pembacaan dan penandatanganan pakta integritas ini merupakan janji moral baik calon peserta, panitia dan orang tua. Karena itu kata Kapolda, apa yang sudah diucapkan harus sejalan dengan tindakannya.

“Seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan sosok pemuda-pemudi Sulawesi Tengah yang unggul dan kompetitif demi kamajuan institusi Polri khususnya Polda Sulteng di masa yang akan datang,” kata Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan, bahwa tahapan seleksi yang akan dimulai 17 April sampai 3 Agustus 2018. “Seleksi ini saya pastikan akan dilaksanan dengan clear and clean,” imbuhnya.

Untuk mewujudkan Polri yang profesional, modern, dan terpercaya kata Kapolda, seleksi juga melibatkan pengawas internal dan eksternal yang akan mengawal proses seleksi dari awal hingga akhir.

Calon anggota polri yang terpilih itu mereka yang pantas, mengingat tugas polisi kedepan semakin kompleks seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, sehingga penerimaan calon anggota Polri Tahun 2018 ini harus berkualitas dan kompetitif.

Ketut Argawa juga menghimbau agar calon peserta dan para orang tua, untuk tidak percaya pada seseorang yang mengatasnamakan anggota Polri dan masyarakat yang mengklaim dapat meloloskan dari seleksi anggota Polri.

“Jangan percaya kalau ada yang mengaku bisa meloloskan jadi polisi.  Apalagi dengan meminta sejumlah uang,” tegasnya.

Jumlah Casis sebanyak 1.845 yang mengikuti penandatangan pakta integritas dan sumpah ini terdiri dari 37 orang untuk Akpol, Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) 1.654 orang, Bintara TI 9 orang. Bintara Kimia 2 orang, Bintara Pelayaran/Perkapalan 12 orang dan Tamtama sebanyak 131 orang.

Sementara untuk seleksi Bintara Musik dan Bintara Penerbangan tidak ada peserta yang mendaftar. [***]

Penulis; Sutrisno/*

(Visited 139 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*