Gubernur Sulteng, Longki Djanggola bersama rombongan meninjau PGM, Selasa (9/10/2018). [Humas Pemprov]

Pastikan Ekonomi Pulih, Gubernur Sulteng Tinjau Pasar dan PGM

Palu, Jurnalsulawesi.com – Setelah hampir dua pekan pasca gempa dan tsunami, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, melakukan peninjauan beberapa pusat sentra ekonomi, di antaranya Palu Grand Mall (PGM) dan Pasar Manonda, Selasa (9/10/2018) siang.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan, bahwa perekonomian di Kota Palu pasca dilanda bencana sudah mulai pulih.

Dalam kunjungan itu, Gubernur Longki yang didampingi Asisten II, Bunga Elim Somba, Kepala Biro Humas dan Protokol, Mohammad Haris Karimin, serta Karo Ekonomi Pembangunan, Richard Djanggola itu memantau proses transaksi ekonomi jual beli barang yang telah beroprasi.

Di sela-sela pemantauan itu, terlihat beberapa pengunjung dan karyawan tengah sibuk mengatur barang jualan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki berbincang kepada beberapa karyawan dan pengunjung. Sementara pejabat Pemrov Sulteng yang tergabung dalam rombongan menyempatkan diri berbelanja.

Usai meninjau PGM, rombongan Gubernur Longki bertolak menuju Mercure Hotel untuk melihat secara langsung kodisi bangunannya. Selanjutnya Gubernur Longki meninjau jembatan Palu IV yang ambruk akibat hantaman gempa dan tsunami.

Setelah meninjau jembatan, rombongan Gubernur Longki kemudian melakukan  peninjauan di Pasar Inpres Manonda. Dalam pemantuan pemprov nampak ramai pedagang yang mulai membuka lapak dagangannnya.

Seperti halnya pasar Manonda, rombongan Gubernur Longki juga meninjau pasar Masomba yang sudah kembali ramai oleh pedagang dan pengunjung. Di pasar Nasomba Gubernur Longki menyempatkan diri berbelanja beberapa kebutuhan pokok, seperti ikan, cabai, dan sayur-sayuran.

“Kita harus bangkit, Sulteng harus bangkit. Kita harus kembali beraktifitas seperti sedia kala,” tutur Gubernur Longki saat berbincang dengan salah seorang pedagang.

Di hadapan para pedagang, ia memberi motivasi agar kiranya semua pelaku pasar dapat beraktifitas kembali seperti sedia kala, Palu sudah aman, Sulteng harus bangkit.

Ucapan Gubernur Longku tersebut pun langsung di sahuti para pedagang dan pengunjung pasar secara beramai-ramai dengan kalimat ‘Sulteng bangkit’.

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa pusat sentra ekononi sudah mulai pulih dan beroprasi sehingga dapat diharapkan perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan lancar. [***]

 

Penulis; Bob Shinoda

(Visited 27 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*