Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri Rapimnas Partai Demokrat di SICC Bogor, Jawa Barat, di Sabtu (10/3/2018). [Biro Pers Setpres]

PD Main Tiga Kaki, Gerindra: Jokowi dan SBY Sedang Main Drama

Jakarta, Jurnalsulawesi.com – Partai Keadilan Sejahtera masih ragu terhadap sikap Partai Demokrat (PD) dalam mendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut PD masih bermain tiga kaki. Apa maksudnya?

“Demokrat dengan rapimnas kemarin menurut saya masih tetap mendua peluang… mentiga bahkan. Peluang beliau buat poros ketiga besar, peluang mendukung Jokowi dengan catatan AHY masuk, besar. Peluang gabung Pak Prabowo ada,” kata Mardani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurut Mardani, sikap PD di rapimnas kemarin hanyalah upaya penyusunan strategi Pilpres 2019. Belum ada sikap konkret yang diambil PD dalam rapimnas kemarin.

“Semua partai sedang menyusun strategi masuk kendaraan besar pilpres,” ucapnya.

Mardani memandang PD sangat berkepentingan memajukan kadernya di Pilpres 2019. Menurutnya, partai yang menampilkan tokoh internal di Pilpres 2019 akan sukses untuk pemilihan legislatif.

“Hasil survei kami, siapa yang di pilpres, itulah yang mendapatkan efek. Yang nggak ada di pilpres, berat,” sebut Mardani.

Main Drama
Jika PKS menyebut PD main tiga kaki, Wasekjen Gerindra Andre Rosiade menyebut SBY dan Jokowi sedang bermain drama.

“Kita memang melihat bahwa dalam acara Rapimnas PD dari Sabtu-Minggu, dua belah pihak memberikan sinyal untuk ingin bekerja sama, baik Pak Jokowi maupun Pak SBY, tapi itu kan drama di depan panggung,” ujar Andre saat dihubungi wartawan, Senin (12/3/2018).

Menurut Andre, interaksi antara Jokowi dan SBY di panggung Rapimnas PD hanyalah sebatas drama. Kepastian koalisi, katanya, tentunya mesti dibicarakan lebih jauh.

“Kita tidak tahu drama di belakang panggung seperti apa,” katanya.

“Soal koalisi, ini kan bukan semata-mata Pak Jokowi saja yang menentukan. Ada peran PDIP sebagai pengusung utama dan juga peran Ibu Mega yang menentukan siapa cawapres Jokowi,” sebut Andre.

Dalam pembukaan Rapimnas di SICC Bogor, Jawa Barat, di hari Sabtu (10/3) lalu, SBY beberapa kali melontarkan sinyal siap mendukung Jokowi di 2019. SBY juga mendoakan Jokowi sukses di Pilpres 2019, sesuai harapannya.

“Jika Allah menakdirkan, sangat bisa PD berjuang bersama Bapak,” kata SBY di depan Jokowi.

Sebelumnya, Sekjen PD Hinca Panjaitan menyatakan Jokowi tertarik pada sosok AHY. Jokowi disebutnya sedang mempertimbangkan nama AHY.

“Saya kira juga Presiden Jokowi menonton, melihatnya, dan menarik untuk mempertimbangkannya. Dia (Jokowi) datang lihat sendiri, puluhan ribu yang berikan respek dan respons terhadap beliau,” ucap Hinca. [***]

Sumber; Detik.com
Editor; Sutrisno

(Visited 53 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*