Tabrakan beruntun yang melibatkan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Andrea Dovizioso di MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez Angel Nieto, Minggu (6/5/2018). [Twitter.com/MotoGP]

Pedrosa Salahkan Lorenzo, Begini Pendapat Race Director

Jurnalsulawesi.com – Race director MotoGP, Mike Webb, turut buka suara perihal insiden crash pada balapan MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5/2018).

Insiden yang terjadi di tikungan 6 pada lap ke-18 itu melibatkan tiga pebalap yakni Dani Pedrosa (Repsol Honda), Jorge Lorezo (Ducati), dan Andrea Dovizioso (Ducati).

Gara-gara peristiwa tersebut, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Andrea Dovizioso gagal menuntaskan balapan.

Pasca-balapan, Pedrosa mengklaim bahwa dia sudah meminta keterangan dari pihak race director dan mendapat jawaban yang kurang memuaskan.

Nah, hal itu dibantah Mike Webb. Menurut Webb, dia belum melakukan pembicaraan apapun terkait insiden tersebut dengan Dani Pedrosa.

Webb menjelaskan bahwa dia tidak menjumpai Pedrosa secara langsung karena dia tengah sibuk memantau balapan saat Pedrosa datang.

“Kami sedang memantau sebuah balapan. Jadi mereka (pihak Pedrosa) datang dan saya meminta pengurus untuk bicara dengan mereka, karena saya sibuk dengan hal lain,” ucap Webb yang dikutip BolaSport.com dari Crash.net.

“Saya mengatakan untuk menghubungi saya jika diperlukan sebuah pernyataan resmi atau apapun itu,” kata Webb lagi.

Terkait insiden di Sirkuit Jerez yang membuat Andrea Dovizioso-Jorge Lorenzo-Dani Pedrosa gagal finis, Mike Webb menegaskan bahwa hal tersebut murni kecelakaan.

“Kami menganggap itu adalah sebuah kecelakaan, Pedrosa adalah seorang pebalap yang bagus dari sudut pandang kami,” ujar Webb.

“Dia tidak menyebabkan masalah, dia adalah pebalap yang baik, dia adalah seorang atlet yang hebat,” kata dia.

Akibat kejadian tersebut, Dani Pedrosa terpaksa mengubur misi meraih hasil finis podium pertamanya pada MotoGP 2018.

Salahkan Lorenzo
Sementara, pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, menyalahkan Jorge Lorenzo (Ducati) sebagai biang keladi insiden tabrakan tersebut.

Tampil di hadapan publik negaranya sendiri, Dani Pedrosa sebetulnya tampil cukup apik dengan menempati posisi keempat sebelum insiden terjadi.

Namun, senggolan dengan Jorge Lorenzo membuat Pedrosa terpental dari motornya dan tidak bisa melanjutkan balapan hingga finis.

Hal serupa juga terjadi kepada Lorenzo dan rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

Sama-sama terjatuh dari motor mereka, kedua pebalap Ducati itu pun mencatat hasil gagal finis.

Bagi Dani Pedrosa, insiden yang merugikan tiga pebalap di baris depan itu tidak lepas dari kesalahan Jorge Lorenzo yang terlalu ngotot menempati posisi kedua.

Gara-gara agresivitas Lorenzo itulah, Pedrosa dan Dovizioso yang berada di jalur dalam dan luar lintasan menjadi korban.

“Oke mungkin Lorenzo tidak melihat saya, tidak memprediksi saya di sana atau apapunlah,” ucap Pedrosa yang dikutip dari Crash.

Namun, dia (Lorenzo) tidak menahan motornya dan sekitar kami berakhir bertabrakan,” tutur Pedrosa lagi.

Seperti diketahui, Drama Jerez Clash bermula ketika Andrea Dovizioso mencoba menyalip Jorge Lorenzo untuk menempati posisi kedua.

Upaya Dovizioso ini sempat berhasil, tetapi memasuki tikungan berikutnya, Dovizioso melebar sehingga memberi ruang kepada Lorenzo untuk kembali menyalip.

Akan tetapi, manuver Lorenzo ini tidak berjalan mulus. Lalai memperhatikan Pedrosa yang mencoba melewati kedua pebalap Ducati dari sisi dalam tikungan, motor Lorenzo justru menyenggol motor Pedrosa.

Sontak, Pedrosa terpental dari tunggangannya, sementara Lorenzo yang oleng menyenggol motor Dovizioso.

Sedetik kemudian, ketiga pebalap tersebut jatuh dari motornya dan tidak bisa meneruskan balapan di Sirkuit Jerez.

Tabrakan yang melibatkan Andrea Dovizioso-Jorge Lorenzo-Dani Pedrosa menjadi berkah tersendiri bagi Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) dan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar).

Berhasil memanfaatkan situasi, Zarco dan Iannone pun finis di urutan kedua dan ketiga pada balapan MotoGP Spanyol 2018. [***]

Sumber; Bolasport.com

(Visited 110 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*