Kepala Tata Usaha BPN Kabupaten Tolitoli, Syariatudin S.SIT

Pelaksanaan PTSL Tolitoli Baru Capai 20 Persen

Bagikan Tulisan ini :

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk 7.500 bidang tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tolitoli tahun ini baru mencapai 20 persen.

Capaian tersebut berdasarkan tahapan kegiatan di lapangan mulai penyuluhan/sosialisasi,inventarisasi, pengumpulan data yuridis dan pengukuran bidang tanah sesuai target yang diberikan pihak kementrian.

“Target 7.500 bidang PTSL tahun 2018 ini tersebar di empat kecamatan yaitu Galang, Dakopemean, Dondo dan Kecamatan Dampal Selatan,” urai Kepala Tata Usaha BPN Tolitoli, Syariatudin S.SIT di kantornya, Selasa (20/3/2018).

Menurutnya, PTSL berdasarkan target yang dilaksanakan sebanyak 7.500 bidang tanah di Tolitoli diperkirakan akan tuntas 100 persen pada Mei mendatang, karena akan disusul dengan tahapan selanjutnya yakni pemberkasan/pengolahan data, pemeriksaan oleh panitia ajudikasi/panitia pemeriksaan A, pengumuman selanjutnya penerbitan SK Hak Atas Tanah, pencetakan sertipikat dan penyerahan sertipikat Hak Atas Tanah (HAT).

“Setelah dicapai100 persen empat tahapan awal itu, maka, selanjutnya akan dilaksanakan tahapan berikut,” tambah Syariatudin.

Sejumlah desa yang memperoleh program PTSL tahun 2017 yang totalnya sekira 9.150 target, katanya akan terpetahkan secara lengkap, hal tersebut karena adanya penambahan target sebanyak 7.500 bidang tahun 2018.

“Bertambahnya target 7.500 bidang tanah untuk PTSL secara otomatis akan terwujudkan desa lengkap. Maksudnya semua desa yang mendapat PTSL tahun lalu akan terpetahkan secara lengkap,” katanya.

PTSL yang terpetahkan berdasarkan target tahun ini Desa Sandana 450 bidang, Desa Kalangkangan 900 bidang, Desa Lantapan 550 bidang, Desa Gonunggung 850 bidang, Desa Dungingis 1800 bidang, Desa Lais 150 bidang, Desa Tinabogan 550 bidang, Desa Bangkir 1150 Bidang dan Desa, Soni 110 bidang.

Untuk 9.150 bidang berdasarkan target PTSL tahun 217, tambahnya telah diserahkan secara simbolis oleh bupati Tolitoli, Moh Saleh Bantilan dan wakil bupati, H Abdul Rahman di Desa Lalos Kecamatan Galang pada senin kemarin. Turut hadir dalam penyerahan tersebut pihak Forkopindo Tolitoli, diantara Kapolres, Komandan Kodim dan ketua DPRD Tolitoli, Andi Ahmad Syarif.

“Penyerahan sertifikat secara simbolis itu diwakili oleh lima orang dari masing-masing desa, hadir juga para Kades dalam kegiatan tersebut,” katanya. [***]

Penulis; Ramlan Rizal

(Visited 42 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*