Pelayanan SPBU 74.941.27 yang berlamat di Jalan Ki Hajar Dewantoro ini dinilai mengecewakan konsumen. [Ist]

Pelayanan SPBU 74.941.27 Kecewakan Konsumen

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Pelayanan salah seorang petugas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 74.941.27 yang beroperasi di Kota Palu ini dinilai mengecewakan konsumen. Pasalnya, salah seorang petugas operator nosel untuk sepeda motor di SPBU yang beralamat di Jalan Ki Hajar Dewantoro tersebut dengan seenaknya memberikan uang kembalian, dengan dalih tak ada uang kecil.

Salah seorang konsumen yang enggan disebutkan namanya kepada Jurnalsulawesi.com mengatakan, pada Senin (27/11/2017) sekira Pukul 11.10 WITA, mengisi bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite seharga Rp20 ribu, dan membayar dengan uang pecahan Rp50 ribu. Namun saat mengembalikan sisa pembayaran, petugas tersebut hanya memberikan pengembalian uang pecahan Rp5 ribu sebanyak lima lembar.

“Memang awalnya mau ditambahkan dengan uang receh-receh (coin-red) dan saya tidak mau. Alasannya tidak ada lagi uang kecil. Tapi anehnya petugas itu juga tidak berupaya untuk menukarkan uang kepada sesama petugas lainnya. Jadi saya uang saya hanya dikembalian Rp25 ribu dari seharusnya Rp30 ribu,” ujar konsumen tersebut.

Sebenarnya kata konsumen tersebut bukan soal nilai uangnya yang hanya kurang Rp5 ribu rupiah. Tetapi pelayannya kepada konsumen yang seakan-akan semau-maunya sendiri.

Saat ditanya kenapa tidak mau menerima kembalian dalam bentuk koin senilai Rp5 ribu. Ia beralasan, sebagai konsumen dirinya berhak meminta kembalian sesuai dengan keinginannya.

“Saya sebagai konsumen berhak meminta sesuai keinginan saya. Lagi pula saya juga tidak minta jumlah yang melebihi hak saya. Di SPBU lain biasanya petugas bisa menukar uang kecil untuk memberikan kembalian kepada konsumen. Mungkin petugasnya saja yang saya lihat malas. Padahal saat itu antrian juga tidak banyak, hanya ada tiga motor di belakang saya,” jelasnya.

Ia juga menyarankan agar SPBU milik Group Trio Celebes tersebut memperbaiki pelayanannya kepada konsumen.

“Kami harapkan kepada pengelola SPBU agar merekrut tenaga kerja yang jujur, disiplin dan dapat memberikan pelayanan yang maksimal serta prima terhadap masyarakat,” sarannya.

Sementara itu, Ridwan, pengawas SPBU Group PT Trio Celebes Media Energi (TCME) yang membawahi SPBU 74.941.27 berjanji akan menindaklanjuti kejadian tersebut.

“Siapa namanya itu operator atau di nosel mana tugasnya, nanti sy tidak lanjuti. Oke tks infonya,” demikian jawab Ridwan via layanan SMS.

Sebelumnya juga pernah diberitakan, salah satu SPBU yang juga milik PT.Trio Celebes Media Energi (TCME) tertangkap basah telah melakukan kecurangan, berupa kurangnya takaran.

BACA JUGA: Polda Sulteng Tetapkan Tersangka Kecurangan SPBU Soekarno Hatta

Bahkan, beberapa waktu lalu Tim penyidik Subdit Industri dan Perdagangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menetapkan tersangka kasus dugaan kecurangan yang terjadi SPBU 73.941.08 yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu ini. [***]

 

Rep; Sutrisno

(Visited 661 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*