GM PLN Unit Induk Kitlur Sulawesi, Purnomo Iskak. [Ist]

Pemulihan Listrik Sulteng Dilakukan Bertahap, Ini Penyebab Pemadaman

Palu, Jurnalsulawesi.com – Gangguan sistem interkoneksi kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan, berdampak pada sistem Kelistrikan Sulawesi Tengah (Sulteng), karena sebagian besar pasokan listrik Sulteng saat ini berasal dari PLTA Poso.

Hal inilah yang menyebabkan pemadaman di sejumlah daerah PLN Area Palu yang meliputi wilayah Kota Palu, Kabupaten Poso, Sigi, Donggala dan sebagian Parigi Moutong (Parimo), sejak Kamis (15/11/018) kemarin, sekira Pukul 15.21 WITA

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan & Penyaluran (Kitlur) Sulawesi, Purnomo Iskak dalam keterangannya yang diterima Jurnalsulawesi.com, Jumat (16/11/2018), menyatakan pemadaman dilakukan karena tiga hal. Pertama kata Purnomo, karena adanya gangguan akibat cuaca buruk di Transmisi Line Makale – Palopo.

Kedua, terjadi gangguan di Transmisi line 275 kV Poso – Latuppa, dikarenakan Malfunction.

Kemudian adanya pembangkit lepas di Punagaya, sehingga pembangkit lainnya seperti PLTA Poso dan PLTA Bakaru terjadi Under Frequency.

“Penormalan kelistrikan Sulteng sendiri dilakukan secara bertahap. Sejak Jumat (16/11/2018) sekira Pukul 07.55 WITA, sistem sudah sinkron dengan PLTA Poso,” terangnya.

Dikatakannya, saat ini seluruh Gardu Induk (GI) yang memasok kelisterikan Sulteng yaitu GI Poso, GI Pamona, GI Sidera, GI Talise, GI Silae, GI Parigi dan GI Pasangkayu sudah bertegangan.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan UP2B Sulselrabar untuk pemasukan beban ke pelanggan”, tambah GM PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Edison Sipahutar.

Atas terjadinya gangguan ini PLN menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian masyarakat sekalian, kami memohon doanya agar Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan dan Tengah dapat segera kembali normal”, tutup Purnomo. [***]

Penulis; Sutrisno/*

(Visited 146 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*