Warga miskin di Kelurahan Gunung Bale, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. [J Rizal]

Penduduk Miskin di Donggala Bertambah 1.520 Jiwa

Bagikan Tulisan ini :

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Donggala kurun waktu satu tahun ini cenderung mengalami peningkatan. Bila tahun 2015 penduduk miskin hanya sebanyak 54.170 jiwa, atau sekitar 18,11 persen, di tahun 2016 bertambah sebanyak 1.520 Jiwa menjadi 55.690 jiwa atau 18,59 persen.

Naiknya persentase angka kemiskinan tersebut membuat Kabupaten Donggala menempati peringkat pertama dengan jumlah warga miskin terbanyak di 13 kabupaten/kota se- Sulteng.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Donggala, Sofyan Mohammadong, ST, pada paripurna pandangan akhir fraksi Senin (28/8/2017), tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016 dan rancangan peraturan bupati tentang penjabaran pertanggugjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016.

Selain angka kemiskinan yang terus merangkak naik, menurut Sofyan, angka pertumbuhan ekonomi di kabupaten tertua di Sulteng ini juga mengalami penurunan. Dari 6,12 persen tahun 2015 turun menjadi 4,89 persen di tahun 2016.

Dia menekankan, dua ukuran utama kesejahteraan masyarakat tersebut patut menjadi perhatian Bupati Donggala dalam penyusunan APBD di masa yang akan datang.

Lanjut Sofyan, ada ketidakselarasan antara target dan realisasi pendapatan daerah pada APBD tahun 2016. Hal itu menjadi indikasi, bahwa pengelolaan pendapatan daerah kurang cermat.

Kurangnya koordinasi, lemahnya kemampuan analisa, serta minimnya sumberdaya manusia menjadi penyebab kegagalan dalam melakukan proyeksi penerimaan daerah.

“Bagaimana kita akan memberikan jawaban atas pertanyaan masyarakat Kabupaten Donggala, apa betul APBD di peruntukan bagi peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat atau hanya sekedar untuk kesejahteraan sekelompok golongan saja,” tutup Sofyan.[***]

 

Rep; Jose Rizal

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*