Kepala Distanpanhor Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa.

Penyuluh, Pejabat dan Staf Desak Kadis Pertanian Tolitoli Dicopot

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Para penyuluh pertanian, pejabat dan staf mendesak agar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanpanhor) Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa, dicopot dari jabatanya.

Permintaan pencopotan terhadap Rustan tersebut dilakukan secara tertulis dengan menandatangani petisi, yang kemudian dilayangkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Tolitoli, Drs Mukaddis Syamsudin M.Si.

“Kami membuat petisi itu dikarenakan sikap arogan yang ditunjukkan oleh Kadis, Rustan Rewa sejak diangkat menjadi Kadis Distanpanhor di Tolitoli,” ungkap salah seorang penyuluh, Yasin kepada media ini.

Munurut penyuluh itu, tuntutan untuk dilakukan penggantian terhadap Kadis pertanian tersebut didasari adanya alat-alat pertanian diantara mesin panen padi (Combain) yang terkesan tidak percaya terhadap para penyuluh di lapangan.

“Bukan hanya itu, terkadang Kadis tersebut kerap marah tanpa alasan yang jelas, bahkan sering kali bersebrangan dengan para pejabat di dinas itu,” tuturnya.

Usulan pemberhentian jabatan Kadis Pertanian Tolitoli yang dijabat Rustan Rewa itu, kata Yasin bukan hanya kali ini, namun sudah kali kedua.

“Pertama kalinya dilakukan oleh sebagian besar pejabat dan staf. Kali ini hampir semua penyuluh turut menandatangani petisi itu,” bebernya.

Sementara, Kadis Distanpanhor Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa yang dikonfirmasi, Selasa (13/11/2018, terkait dirinya soal petisi tersebut enggan berkomentar.

“Saya no coment,” kata Rustan Rewa sembari meninggalkan wartawan.

Sekda Kabupaten Tolitoli, Mukaddis Syamsudin yang dihubungi terkait perihal permintan pencopotan jabatan Rustan Rewa selaku Kepala Distanpanhor Tolitoli membenarkan.

“Benar ada laporan, cuma masih dilakukan pembinaan,” tegas Sekda itu.

Informasi diperoleh dari Badan Kepegawaian Pengembangan SDM Kabupaten Tolitoli, untuk  menduduki jabatan Kadis Pertanian Tolitoli, Rustan Rewa hingga kini belum mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (PIM) tiga dan dua.[***]

Penulis; Ramlan Rizal

(Visited 521 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*