Pemkot Palu dan PB Alkhairaat menggelar Festival Raudhah V di Komplek Alkhairaat Palu, Kamis (6/7/2017) malam. [Ist]

Peringati Haul Guru Tua, Pemkot Palu-Alkhairaat Gelar Festival Raudhah

Palu, Jurnalsulawesi.com – Pemerintah Kota Palu bekerjasama dengan Pengurus Besar Alkhairaat menggelar Festival Raudhah ke-5 dalam rangka memperingati Haul Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri ke-49 tahun.

Wali Kota Palu Hidayat menyatakan di Alkhairaat, Kamis (6/7/2017) malam, Pemkot Palu akan berupaya melaksanakan Festival Raudhah secara berkesinambungan untuk mengingat kembali perjuangan pembawa ajaran Islam di Sulawesi Tengah tersebut.

“Festival Raudhah memberikan spirit dan motivasi kepada masyarakat, untuk kembali mengingat perjuangan Guru Tua serta mengimplementasikan Islam rahmatan lilalamin,” ungkap Wali Kota Hidayat saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Festival Raudhah ke-5 di Komplek Alkhairaat.

Dia menyebut bahwa pelaksanaan Festival Raudhah juga sebagai bentuk penghargaan kepada Guru Tua yang telah menyebarkan Islam dan pendidikan di Sulawesi Tengah.

Dia menegaskan bahwa tahun 2018 Pemkot Palu memberikan anggaran untuk memeriahkan setengah abad atau 50 tahun Haul Guru Tua.

“Pemkot Palu siap memeriahkan dan siap membantu serta menyukseskan pelaksanaan peringatan Haul Guru Tua ke-50 tahun pada 2018 mendatang,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Pemkot Palu akan mengadakan tenda sepanjang Jalan Sis Aljufri serta melibatkan pelaku usaha dalam festival kuliner peringatan Haul Guru Tua pada tahun depan.

Hal itu agar pelaksanaan Haul Guru Tua yang dihadiri ribuan masyarakat umat Islam dari berbagai penjuru termasuk mancanegara dapat memberikan dampak ekonomis kepada masyarakat dan daerah.

Sementara itu, Sekjen PB Alkhairaat Lukman S Thahir mengatakan, Raudhah merupakan nama atau istilah yang digunakan untuk membangkitkan semangat umat yang dirangsang dengan kegiatan-kegiatan religi.

“Festival Raudhah didalamnya terdapat lomba menghafal alquran, mengaji, barjanzi, lomba baca kitab kuning dan sebagainya,” ujarnya.

Kata Raudhah, kata Lukman, adalah taman yang artinya bahwa dari Alkhairaat-lah Islam disebarkan di berbagai pelosok daerah di kawasan timur Indonesia oleh Guru Tua. [***]

 

Source; Antarasulteng.com

(Visited 169 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*