Dr. H Suaib Djafar (putih) bersama mitra PT PST Faisal saat berada di pabrik baja ringan di Kompleks Pergudangan Palu. [Ist]

Perusda Sulteng Optimalkan Usaha

Palu, Jurnalsulawesi.com – PT Pembangunan Sulawesi Tengah (PST) yang merupakan salah satu perusahaan daerah (Perusda) milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, saat ini sedang mengoptimalkan semua bidang usahanya.

“Saat ini jajaran direksi dan karyawan tengah mengoptimalkan semua bidang usaha yang dimiliki PT Pembangunan Sulawesi Tengah,” kata Direktur Utama Dr. H Suaib Djafar kepada Jurnalsulawesi.com, Sabtu (9/6/2018).

Ia menjelaskan usaha yang saat ini tengah dijalankan diantaranya, agrobisnis komoditi jagung, Galian C dan yang terbaru pabrik pembuatan baja ringan.

Menurut Suaib, mengoptimalkan usaha yang sudah berjalan merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap BUMD ini, sebagaimana yang diharapkan Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Ia menyebutkan, sebagai perusahaan daerah pihaknya mengupayakan memberikan pelayanan terbaik kepada mitra bisnisnya dengan memberikan kepastian waktu, dan kualitas produk yang tinggi, sehingga membuat perusahaan mampu memenangi persaingan dunia usaha.

Untuk usaha baja ringan, saat ini Prusda Sulteng memproduksi tiga jenis rangka atap baja ringan yakni Kanal C 75/75, 75/76, Reng dan Hollow yang berfungsi sebagai rangka plafond.

“Untuk Kanal C, kami menggunakan material galvalum yang terjamin kualitasnya. Ini sangat cocok digunakan untuk bentangan yang tidak terlalu panjang dan dapat ditangkupkan menjadi bentuk kotak, sehingga bisa menahan beban yang lebih besar,” terangnya.

Sedangkan Reng yang diproduksi PT PST ini juga menggunakan galvalum berkualitas SNI, sehingga dapat menahan beban atap dari berbagai jenis.

Sementara Hollow atau rangka plafond menggunakan almunium dengan lapisan Zinc, sehingga memiliki daya tahan terhadap korosi dan karat.

Menurut Suaib yang juga mantan Kepala Badan Penanaman Modal Daerah ini, semua bidang usaha yanh tengah dioptimalkan itu akan terus ditingkatkan sehingga bisa meningkatkam daya saing usaha Prusda.

“Kami bertekad agar perusahaan ini bisa memberikan andil dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Karena itu kami akan terus mengoptimalkan bidang usaha yang sudah ada, sambil menjajaki usaha-usaha lain yang berpotensi untuk menjadi usaha baru bagi PT PST ke depannya,” katanya.

Suaib menegaskan, meski prospek usaha yang saat ini dijalankan PT PST terlihat sangat mudah dan menguntungkan, namun tanpa sinergi semua pihak maka akan sulit mencapai tujuan dibentuknya BUMD ini.

“Karena itu kami sangat berharap dukungan semua pihak, pemerintah daerah DPRD, BUMD, BUMN, OPD Pemprov, Pemkot/Pemkab untuk dapat bersinergi demi kemajuan daerah Sulawesi Tengah,” harapnya. [***]

Penulis; Sutrisno

(Visited 75 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*