Pesawat Lion Air yang Tergelincir Berhasil Dievakuasi

Pesawat Lion Air yang Tergelincir Berhasil Dievakuasi

Gorontalo, Jurnalsulawesi.com – Pesawat Lion Air yang tergelincir di Bandara Jalaludin Gorontalo, akhirnya berhasil dievakuasi dari lokasi kecelakaan, setelah tiga hari terbengkalai di luar landasan. Badan pesawat Boeing 737-800NG dengan registrasi PK-LOO itu berhasil dipindahkan pada Rabu (2/5/2018), sekira Pukul 00.35 WITA.

Proses evakuasi untuk menarik pesawat kembali ke landasan sempat tiga kali gagal dan baru berhasil pada Rabu dini hari. Proses evakuasi dengan menarik pesawat menggunakan alat berat untuk mengeluarkan roda bagian belakang yang terbenam di tanah.

Evakuasi pertama gagal total karena badan pesawat tak dapat ditarik ke landasan. Sedangkan pada kesempatan kedua, roda belakang bagian kiri kembali terbenam di dalam tanah.

Kesulitan yang dialami petugas itu gara-gara dalam proses evakuasi pada Selasa sore hujan lebat, sehingga roda pesawat kian terbenam.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dengan baik dalam proses pemindahan pesawat.

“Lion Air berkoordinasi dan menyerahkan proses investigasi atas kejadian penerbangan JT 892 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, serta berbagai pihak berwenang, untuk nanti dapat diberikan rekomendasi kepada Lion Air,” jelasnya.

Sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam), yaitu operasional bandar udara kembali dibuka untuk penerbangan sipil reguler pukul 07.00 WITA pada Rabu (2/5/2018).

Penerbangan Lion Air Group tersebut, terdiri dari:

1. Lion Air JT 792 Makassar – Gorontalo
2. Lion Air JT 793 Gorontalo – Makassar
3. Lion Air JT 892 Makassar – Gorontalo
4. Batik Air ID 6236 Makassar – Gorontalo
5. Batik Air ID 6235 Gorontalo – Makassar
6. Batik Air ID 6242 Cengkareng-Gorontalo
7.Batik Air ID 6243 Gorontalo- Cengkareng
8. Wings Air IW 1165 Manado – Gorontalo
9. Wings Air IW 1164 Gorontalo – Manado
10. Wings Air IW 1167 Manado-Gorontalo
11. Wings Air IW 1166 Gorontalo-Manado
12. Wings Air IW 1193 Palu – Gorontalo
13. Wings Air IW 1192 Gorontalo – Palu

“Untuk Lion Air JT 891 rute Gorontalo – Makassar hari ini (Rabu, 2/5/2018) mengalami pembatalan (cancel),” imbuh Danang.

Danang mangatakan, Lion Air menyampaikan kepada pelanggan yang terkena dampak dengan memfasilitasi pilihan (opsi) sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku, antara lain pemindahan ke penerbangan lainnya di hari yang sama atau hari berikutnya (transfer), pembatalan penerbangan, penyesuaian jadwal keberangkatan melalui kota lain (reroute), perubahan jadwal terbang (reschedule) serta pengembalian dana tiket penuh (refund full). [***]

Penulis; Sutrisno/*

(Visited 43 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*