Piala Dunia 2018 Jadi Milik Benua Eropa

Jurnalsulawesi.com – Babak perempat final Piala Dunia 2018 telah rampung. Empat tim sudah mengamankan tiket semifinal. Gelar juara turnamen empat tahunan itu dipastikan jadi milik negara Eropa.

Kepastian ini didapat setelah Prancis menyingkirkan Uruguay dengan skor 2-0, sedangkan Belgia menundukkan Brasil 2-1.

Uruguay dan Brasil merupakan dua tim di luar benua Eropa terakhir yang masih tersisa di perempat final Piala Dunia 2018. Uruguay dari Brasil berasal dari Amerika Latin.

Tersingkirnya mereka membuat tim asal benua Eropa mendominasi. Seperti diketahui, Prancis dan Belgia merupakan tim dari benua biru.

Pada dua pertandingan perempat final Piala Dunia 2018 lainnya mempertemukan tuan rumah Rusia kontra Kroasia dan Swedia melawan Inggris. Empat negara tersebut kebetulan berasal dari benua Eropa.

Jadi, juara Piala Dunia 2018 dapat dipastikan berasal dari benua Eropa. Ini juga menambah catatan bahwa negara di luar Eropa tidak pernah bisa juara bila Piala Dunia berlangsung di benua Eropa.

Seperti Piala Dunia 2006
Kondisi serupa pernah terjadi pada Piala Dunia 2006. Kala itu, tim yang lolos ke semifinal merupakan empat negara Eropa yakni Italia, Prancis, Jerman dan Portugal.

Selain itu, Brasil menambah catatan buruk mereka saat bersua wakil Eropa di fase knock-out Piala Dunia. Brasil dieliminasi tim-tim Eropa pada empat edisi Piala Dunia terakhir (Prancis 2006, Belanda 2010, Jerman 2014 dan Belgia 2018).

Semi Final
Timnas Inggris dan Kroasia mengenapi slot kontestan semifinal Piala Dunia 2018. Kedua tim menyusul Prancis dan Belgia yang terlebih dahulu lolos ke empat besar.

Inggris menang 2-0 atas Swedia di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) malam. Beberapa jam berselang giliran Kroasia menyusul setelah mengalahkan tuan rumah Rusia lewat drama adu penalti.

Gol kemenangan Inggris dicetak Harry Maguire (30′) dan Dele Alli (58′).

Timnas Kroasia menang 4-3 atas Rusia melalui adu pinalti dalam perempat final Piala Dunia 2018, di Stadion Olimpiade Fisht, Minggu (8/7/2018) dini hari. [AP]

Di sisi lain, pertandingan antara Rusia versus Kroasia berjalan penuh drama. Tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Denis Cheryshev (31′). Namun, Kroasia membalasnya lewat sumbangan gol, Andrej Kramatic (40′).

Laga dilanjutkan lewat perpanjangan waktu. Sempat unggul lawat gol Domagoj Vida (103′), Kroasia harus menerima kenyataan pertandingan disudahi lewat babak adu penalti setelah Mario Fernandes menjebol gawang mereka pada menit 115. Akhirnya Kroasia menag 4-3 saat adu tos-tosan.

Pertandingan semifinal World Cup 2018 akan dihelat Rabu (11/7/2018) malam WIB dan Kamis (12/7/2018) dini hari.

Duel panas semifinal menyuguhkan Prancis kontra Belgia dan Inggris versus Kroasia. [***]

 

Sumber; Bola.com

(Visited 22 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*