Sekdaprov Sulteng, Mohammad Hidayat Lamakarate, mengisi sampah dalam plastic di bawah Jembatan IV Kota Palu, Minggu (26/11/2017). [HUMAS PEMPROV]

PLP Tingkatkan Derajat Kesehatan

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah, Mohammad Hidayat Lamakarate, mengisi hari libur dengan memungut sampah di sepanjang Jalan Raja Moili, Anjungan Pantai Talise Palu yang dimulai dari Tugu Patung Kuda sampai Jembatan IV, Minggu (26/11/2017).

Dalam kegiatan itu, Sekdaprov Hidayat Lamakarate, bersama rombongan gotong royong dengan para duta sanitasi dan masyarakat Kota Palu. Pagi itu sangat ramai, di mana sepanjang Jalan Raja Moili ditutup Car Free Day. Kegiatan tersebut dirangkai kampanye edukasi Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) yang difasilitasi Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Sulteng.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Sulteng , Longki Djanggola yang dibacakan Sekdaprov Hidayat Lamakarate menyampaikan, pengembangan PLP bertujuan meningkatkan kualitas permukiman dan derajat kesehatan masyarakat.

“Tidak hanya masalah membangun fisik sarana saja, tetapi harus disertai partisipasi dan kesadaran masyarakat,”katanya

Melalui pendekatan Duta Sanitasi, harapannya lebih efektif dalam mempercepat penyebarluasan esensi sanitasi dan pola hidup bersih sehat dengan bahasa – bahasa yang mudah dipahami dan cara-cara yang kreatif.

“Minimal bagi diri sendiri dengan membiasakan mencuci tangan pakai sabun, tidak buang sampah sembarangan, menghemat penggunaan air, listrik, kertas dan lain-lain,” pungkas Sekdprov Hidayat Lamakarate.

Ia menyebutkan, aktivitas yang sejalan dengan penerapan Reduce, Reuse Recycle (3R) atau dalam bahasa Indonesia, mengurangi, memakai kembali, dan atau mendaur ulang.

Turut mendapingi Sekdaprov Hidayat Lamakarate, Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi dan Karo Humas Protokol, Ridwan Mumu. [***]

 

Rep; Bob Shinoda

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*