Anggota Polres Buol mengambil air bersih menggunakan kendaraan AWC di sumber mata air Kelurahan Kumaligon, Kecamatan Biau, untuk dibagikan kepada warga, Rabu (19/9/2018). [Polres Buol]

Polres Buol Bantu Warga Atasi Kesulitan Air Bersih

Buol, Jurnalsulawesi.com – Krisis air bersih yang dialami warga Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengundang keprihatinan Polres setempat. Untuk membantu warga yang mengalami kesulitan sumber utama kehidupan itu, Kapolres Buol AKBP Budi Priyanto. S.Ik, M.Si menggalakkan program peduli dengan berbagi air bersih kepada warga.

Dengan menggunakan fasilitas dinas berupa kendaraan Armoured Water Cannon (AWC), Satuan Sabhara, Polres Buol memasok air bersih dengan mengisi tempat penampungan air di Masjid Nur Rahman Kelurahan Bugis serta warga sekitar.

Pengambilan air bersih yang menggunakan kendaraan penghalau massa saat terjadinya aksi massa itu, dipimpin langsung oleh Plh Kasat Sabhara Polres Buol, Iptu Herry Jonie, Rabu (19/9/2018).

Bersama anggotanya, Iptu Herry Jonie mengisi penuh penampungan air, agar dapat memenuhi keperluan masyarakat yang akan menunaikan Sholat dan untuk keperluan sehari-hari.

“Air bersih yang disalurkan ke warga menggunakan mobil AWC ini diambil dari sumber mata air di Kelurahan Kumaligon, Kecamatan Biau. Air bersih kami bagikan kepada warga yang membutuhkannya,” kata Kapolres Buol, AKBP Budi Priyanto. S.Ik, M.Si, yang dikutip Tribratanewspoldasulteng.com.

Menurut Kapolres, sejak beberapa pekan terakhir Satuan Sabhara bersama Bhabinkamtibmas, keluar masuk pemukiman warga baik yang ada di Kelurahan Buol maupun di Kelurahan Kampung Bugis, untuk memasok air bersih guna memenuhi kebutuhan warga.

“Pasokan air bersih kami lakukan setiap pagi dan sore. Bantuan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian dan empati kepada masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih,” ujarnya.

Dikatakannya, air bersih merupakan sumber kehidupan manusia yang vital dalam menjalani kehidupan sehari-hari, mulai dari minum, masak, mencuci pakaian, mandi dan wudhu untuk Sholat, semuanya memerlukan air.

Karena itu, AKBP Budi Priyanto dan jajarannya menggelar program peduli dengan berbagi air bersih. “Ini merupakan salah satu program dari beberapa program peduli yang digalakkan Polres Buol,” imbuhnya.

Budi mengatakan aparat kepolisian tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarkat, namun juga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa pertolongan apabila ada masyarakat membutuhkan.

Ia juga menghimbau, bila ada warga desa lainnya yang mengalami kesulitan air bersih dapat menghubungi Polres Buol, untuk dapat pasokan air bersih.

“Bagi warga yang mengalami kesulitan air bersih, silahkan menghubungi Polres Buol atau menyampaikan kepada anggota Bhabinkamtibmas yang ada di setiap Desa dan Kelurahan,” pesannya. [***]

Editor; Sutrisno

(Visited 39 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*