Satgas Polwan dan Bhayangkari Indonesia melakukan trauma healing yang diikuti puluhan anak-anak korban gempa di Kabupaten Sigi, Minggu (14/10/2018). [Humas Polda Sulteng]

Polwan dan Bhayangkari Gelar Trauma Healing untuk Korban Gempa di Sigi

Palu, Jurnalsulawesi.com – Satuan Tugas Polwan dan Bhayangkari Indonesia melakukan pembinaan psikologi (trauma healing) kepada korban gempa di Desa Makmur dan Desa Tanah Harapan, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu (14/10/2018).

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hery Murwono dalam keterangannya mengatakan, trauma healing dilakukan oleh Satgas Polwan, khususnya kepada anak-anak yang menjadi korban gempa Palu, Sigi dan Donggala.

Kata Hery, Kapolri menugaskan para pasikolog dan konselor bersama Satgas Polwan untuk melakukan program trauma healing ini.

Terdapat 40 personel yang terdiri atas Polwan dan Bhayangkari serta psikolog dan konselor yang dibagi dalam beberapa tim trauma healing, untuk terus melakukan pembinaan kepada warga korban gempa, likuifaksi dan tsunami.

Tim trauma healing Polri mengajak anak-anak bernyanyi, bermain, menggambar, serta penanaman kemandirian jiwa untuk penguatan mental.

“Ini dilakukan agar anak-anak tidak trauma dengan bencana yang mereka alami, sehingga mental mereka bisa lebih kuat menghadapi musibah ini,” kata Hery.

Pelaksanaan trauma healing ini
diiring dan diselingi oleh gabungan Polwan Nusantara dan didampingi Wakapolda Sulteng Kombes Pol Setyo Budi, Irwasda Polda Sulteng, Dirbinmas Polda Sulteng Kombes Pol Hondawan, Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hery Murwono dan Kabid Propam Polda Sulteng AKBP Amin Litarso.

Sebelumnya, tim trauma healing juga melakukan pembinaan psikologi di beberapa tempat pengungsian diantaranya, Desa Lolu Biromaru Kabupaten Sigi, Kelurahan Duyu, Kelurahan Kawatuna, sebagian di wilayah Kecamatan Palu Barat dan Kecamatan Ulujadi tepatnya di Kelurahan Watusampu.

Ketua Bhayangkari Polda Sulteng, Ny Penni Ermi Widyatno menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Sigi, Minggu (14/10/2018). [Humas Polda Sulteng]

Selain itu Polda Sulteng juga telah menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala sejak 5 Oktober sampai sekarang. Distribusi logistik ini dipimpin langsung oleh Ketua Bhayangkari Sulteng, Ny Penni Ermi Widyatno.

“Bantuan logistik langsung distribusikan langsung ke tenda tenda pengungsian, baik di Sigi, Kota Palu dan Donggala. Logistik ini kami salurkan agar dapat meringankan beban warga pengungsi yang sangat membutuhkan bantuan,” tutup Hery. [***]

Penulis; Sutrisno

(Visited 22 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*