Inilah kondisi proyek Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Siliti, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara. [Ramlan]

Proyek JUT di Desa Siliti Mirip Kubangan Kerbau

Bagikan Tulisan ini :

Bungku Utara, Jurnalsulawesi.com – Pengerjaan Jalan Usaha Tani (JUT) menuju kantong produksi di Desa Siliti, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara senilai Rp180 juta dinilai amburadul. Bahkan, proyek yang dikerjakan CV Adhitya Pratama tersebut tidak dapat dimanfaatkan petani, karena kondisnya mirip kubangan Kerbau.

“Jalan usaha tani yang baru dikerjakan itu membuat kami petani heran, karena pengerjaannya hanya begitu. Sepertinya jalan tersebut hanya dikerjakan asal-asalan,” kata Noprianto kepada wartawan, mewakili petani lainnya di Desa Siliti, Senin (4/9/2017).

Dia mengatakan, akses jalan itu belum bisa dilalui. Padahal jalan yang panjangnya sekira dua kilometer itu baru saja dikerjakan. Ironisnya jalan petani yang dikerjakan menggunakan APBD itu merupakan bekas jalan perusahaan pengolahan kayu yang pernah beroperasi tahun 1990 lalu.

“Kami petani di Desa ini merasa keheranan karena sudah pake anggaran yang cukup besar nilainya tetapi jalan yang dikerjakan kok begitu kondisinya,” sesanya.

Kepala Desa (Kades) Siliti, Sahrir Sulemana membenarkan jika jalan yang dikerjakan menggunakan APBD tahun 2017 tersebut amburadul.

“Jalan yang baru saja dikerjakan itu sampai saat ini belum layak dilalui. Jalan tersebut panjangnya tiga kilo meter, informasinya masih mau dibenahi tetapi sampai sekarang belum juga dilakukan,” cerita Kades.

Jika kondisi jalan usaha tani yang baru dikerjakan tersebut tidak kembali dilakukan perbaikan. Maka akses jalan itu menjadi mubassir, karena tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Percuma jalan usaha tani itu dibangun dan dianggarkan kalau tidak bisa dilalui. Saya garansi tidak ada satu pun petani yang berani melintas di jalan tersebut kalau kondisi jalan hanya sampai begitu dikerjakan,” katanya.[***]

 

Rep; Ramlan

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*