Donor darah [Ilustrasi]

Rajin Donor Darah Bikin Langsing dan Turunkan Risiko Kanker

Jurnalsulawesi.com – Beramal bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya donor darah. Bukan hanya menolong nyawa orang lain. Beragam manfaat bisa didapatkan pula oleh si pendonor.

Beberapa manfaat tersebut antara lain dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini lantaran dengan mendonor darah dapat membantu membakar kalori (500 ml donor darah setara dengan 650 kalori).

Bukan hanya itu saja manfaat lain yang bisa didapatkan dengan donor darah adalah menurunkan risiko terkena kanker.

Bagaimana bisa donor darah dapat menurunkan risiko terkena kanker?

Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks/KICKS, Dr. Vernita menjelaskan manfaatnya.

“Logikanya bukan donor darah bisa mengobati kanker tetapi meningkatkan kesehatan,” kata dia saat ditemui di South Quarter Jakarta Selatan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa kanker itu bisa diminilisir dengan cara donor darah. Hal ini lantaran, saat ingin menjalani donor darah si pendonor akan dicek kesehatannya secara menyeluruh.

“Kan pendonor dicek kesehatannya mulai dari hepatitis b dan c itu kan faktor risiko kanker liver. Kalau kita selalu dicek rutin dan bebas hepatitis melindungi kita dari kanker,” sambung dia.

Hal tersebut juga bisa untuk mengecek kadar hemoglobin yang bisa mengetahui indikasi apakah dirinya memiliki risiko leukimia atau tidak.

“Kalau leukimia tandanya hb rendah dan trombositnya rendah selalu cek hb rutin, kalau anemia juga akan ketauan. Itu kenapa donor darah kita diperiksa rutin, yaitu untuk melindungi kita,” kata dia.

Untuk kanker serviks sendiri bisa dideteksi melalui tes darah dna namun akan ribet diketahui dengan melakukan papsmear. Meski demikian wanita atau pria dengan penyakit kanker serviks pun masih bisa mendonorkan darahnya.

Hal ini lantaran kata dia, penyebab serviks yakni virus HPV bisa tertular. Jika terjadi kontak skin to skin terutama saat melakulan hubungan intim dengan penderita yang terinfeksi HPV. [***]

 

Sumber; Viva

(Visited 9 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*