Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd melepas mahasiswa untuk melaksanakan KKN di dua kabupaten Provinsi Sulbar, dan satu kabupaten di Sulawesi Tengah. [Humas IAIN Palu]

Rektor IAIN Minta Mahasiswa KKN Tonjolkan Islam Solusi Perdamaian

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd menekankan kepada peserta kuliah kerja nyata (KKN) untuk membangun dan mengembangkan semangat nilai keagamaan di masyarakat.

“Penekanannya adalah bagaimana peserta KKN, bagaimana bisa membangun mental, semangat keagamaan, semangat nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil alaamin,” ungkap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, Senin.

Prof Saggaf Pettalongi mengatakan peserta/mahasiswa KKN harus menempatkan Islam pada tempatnya, serta memposisikan Islam sebagai solusi untuk mewujudkan perdamaian di daerah.

“Peserta KKN harus membangun semangat ke-Islaman yang rahmatan lil alaamin, sehingga Islam benar-benar menjadi solusi untuk mewujudkan perdamaian,” kata Prof Saggaf Pettalongi.

Ia menyebut mahasiswa KKN harus mengacu pada prinsip utama, yaitu berasal dari perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Karena itu, nuansa pembinaan religius, emosional dan sosial lebih dimaksimalkan ditengah masyarakat.

Hal itu tanpa menyepelekan kegiatan-kegiatan fisik administratif untuk menopang pemerintahan tingkat kecamatan dan desa, selama berada di lokasi KKN.

“KKN merupakan wujud pengabdian perguruan tinggi khususnya mahasiswa kepada masyarakat. Lewat KKN mahasiswa dianggap telah memberi partisipasi pengabdian kepada daerah, bangsa dan negara,” ujarnya.

Pakar Managemen Pendidikan ini berharap agar peserta KKN mampu membangun pola interaksi dan komunikasi yang baik ditengah masyarakat.

Serta, sebut dia, mampu menyesuaikan diri di tengah masyarakat sesuai adat dan budaya yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat.

“Mahasiswa KKN jangan membuat kelompok-kelompok, mempetak-petakan, membuat friksi-friksi baik yang menyangkut dengan pendapat, pemikiran, aliran tertentu,” sebutnya.

Ia menekankan kepada mahasiswa KKN untuk tidak menyinggung serta melakukan tindakan yang dapat berdampak buruk serta ketersinggungan terhadap suku, agama dan ras.

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, telah melepas 524 mahasiswa KKN dari berbagai jurusan dan fakultas pada Minggu (18/2/2018).

Mahasiswa yang telah dilepas untuk melaksanakan KKN akan menempati dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat dan 1 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. [***]

Penulis; Ahmad

(Visited 35 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*