Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd melantik pengurus sembilan unit kerja mahasiswa (UKM) atau organisasi intra kampusdi Auditorium IAIN Palu, Selasa (13/3/2018). [Ahmad]

Rektor: Pengurus Organisasi Harus Jadi Panutan Mahasiswa

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah meminta seluruh ketua-ketua dan pengurus organisasi intra kampus untuk dapat menjadi panutan seluruh mahasiswa di perguruan tinggi Islam negeri tersebut.

“Selaku ketua dan pengurus organisasi kemahasiswaan atau tokoh-tokoh mahasiswa, mesti menjadi panutan dari semua mahasiswa,” ungkap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu.

Prof Sagaf Pettalongi menyebut ketua dan seluruh pengurus yang merupakan tokoh mahasiswa harus memiliki kepribadian dan emosional serta kecerdasan intelektual yang luas, dibarengi dengan keunggulan sikap dan perilaku, akhlak yang baik termasuk jiwa sosial harus menjadi panutan.

Prof Sagaf Pettalongi menganggap bahwa pengurus dan tokoh mahasiswa merupakan lokomotif yang bisa merangsang dan menggerakkan mahasiswa. Karena itu, pengurus dan tokoh mahasiswa harus menyampaikan atau memberi pesan kebaikan kepada seluruh mahasiswa IAIN Palu.

Pakar Managemen Pendidikan ini juga menekankan kepada mahasiswa bahwa pengurus organisasi tidak hanya memiliki keunggulan dalam beroorganisasi, tetapi harus memiliki keunggulan akademik.

“Tokoh-tokoh mahasiswa atau pengurus organisasi tidak hanya unggul dalam organisasi, tetapi mesti juga unggul dalam studi. Karena itu harus ada keseimbangan prestasi organisasi dan prestasi akademik,” kata Prof Sagaf Pettalongi.

Ia berpesan kepada mahasiswa agar tidak mendahulukan kegiatan organisasi ketimbang kegiatan akademik, begitu pula sebaliknya. Karena itu harus ada keseimbangan.

“Sukses dalam memimpin organisasi, tetapi studinya juga selesai tepat waktu. Empat tahun, apalagi kalau diikutkan dengan prestasi akademik yang menonjol, itu sangat luar biasa,” sebut Prof Sagaf Pettalongi.

Ia mengemukakan pengurus organisasi kemahasiswaan juga termasuk satu kesatuan dari struktur organisasi birokrasi IAIN. Karena itu, seluruh kebijakan yang dikeluarkan oleh IAIN Palu, harus terintegrasi dan dilaksanakan oleh semua pihak termasuk organisasi intra kampus.

Bahkan, urai Prof Sagaf, Organisasi kemahasiswaan menjadi perpanjangan tangan dari IAIN Palu untuk menjalin komunikasi dengan semua pihak baik internal atau eksternal.

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd melantik pengurus sembilan unit kerja mahasiswa (UKM) atau organisasi intra kampus terdiri dari Manpa, Mapala Muhibbul Bi’ah, Trisda, Resimen Mahasiswa, LPM Qalamun, LDK Jundullah, Pramuka Racana Karamatul Husna, Koperasi Mahasiswa, Olahraga Muhibbul Riyadha, berlangsung di Auditorium IAIN Palu, Selasa (13/3/2018).

Rektor Prof Sagaf S Pettalongi MPd juga melantik pengurus Dewan Mahasiswa dan Senat Mahasiswa tingkat Institut IAIN Palu. [***]

Penulis; Ahmad

(Visited 34 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*