Sakit Kepala [Ilustrasi]

Rempah-rempah Ini Mujarab Redakan Sakit Kepala

Jurnalsulawesi.com – Sakit kepala sering ditandai dengan rasa pegal pada daerah kepala, leher, dan juga bahu.

Sebenarnya gejala sakit kepala yang dialami setiap orang berbeda-beda. Makanan yang secara berlebihan mengandung MSG, kafein, alkohol, dan pemanis buatan juga dapat memicu sakit kepala.

Jika kepala mulai terasa sakit sebaiknya kurangi aktivitas yang berhubungan langsung dengan laptop, televisi, dan telepon genggam. Benda tersebut dapat memperburuk rasa sakit kepala.

Sebagian orang memilih untuk minum obat agar meredakan rasa sakit di kepala. Namun berbagai rempah-rempah juga dapat meredakan rasa sakit kepala.

Dilansir dari laman Boldsky, beberapa rempah-rempah ini dapat meringankan sakit kepala:

1. Jahe
Jahe bermanfaat sebagai antiperadangan dan juga antioksidan yang kuat. Kandungan gingerol pada jahe diketahui sebagai obat sakit kepala, jahe juga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala.

Cara mengonsumsinya bisa dengan merebus jahe atau dijadikan sebagai bahan campuran dari jus seperti jus lemon. Ramuan jahe ini bisa dikonsumsi 1-2 kali sehari.

2. Minyak Peppermint
Sakit kepala bisa disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Peppermint dapat membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Rasa mentol dapat mengatur aliran darah dalam tubuh. Minyak peppermint juga mengandung sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Campurnkan tiga tetes minyak peppermint dengan satu sendok minyak almond. Pijatkan pada pelipis atau bagian belakang leher. Daun peppermint juga bisa ditumbuk lalu diletakkan pada bagian dahi.

3. Minyak Lavender
Minyak lavender memiliki banyak manfaat, selain dapat meredakan sakit kepala minyak lavender juga dapat meningkatkan fungsi otak, memperbaiki tidur, menyembuhkan luka, mengembalikan warna kulit, mengurangi rasa sakit dan mencegah diabetes.

Tambahkan dua tetes minyak lavender ke dalam dua cangkir air mendidih, lalu hirup uapnya. Selain itu juga bisa mencampurkan dengan minyak lain untuk memijat kepala.

4. Kayu Manis
Kayu manis kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi jantung, mengatasi peradangan, melawan diabetes dan menurunkan risiko kanker.

Kayu manis juga dapat melawan infeksi dan virus dan menyegarkan napas secara alami dan juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala.

Haluskan kayu manis lalu tambahkan air agar kental. Letakkan di dahi saat berbaring dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan sengan air hangat.

5. Minyak Rosemary
Mengoleskan minyak rosemary ke dahi lalu memijat lembut dapat mengobati sakit kepala. Minyak rosemary juga dapar meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan daya ingat, mendetoksifikasi hati, menurunkan kortisol dan meningkatkan fungsi empedu.

6. Cengkih
Cengkih berguna menyembuhkan sakit kepala. Cengkih juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengendalikan diabetes.

Campurkan dua tetes minyak cengkih dengan satu sendok minyak kelapa dan garam laut, Pijatkan dengan lembut pada bagian pelipis.

7. Daun Kemangi
Bukan hanya sebagai lalapan, daun kemangi juga dapar mengobati sakit kepala selain itu daun kemangi juga memiliki manfaat analgesik. Minyak dari daun kemangi ini dapat menjadi pelemas otot dan membantu mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh otot yang tegang.

Tambahkan empat helai daun kemangi kedalam secangkir air lalu rebus hingga mendidih. Air dapat diminum dengan campuran teh dan madu.

8. Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat melawan sakit kepala dan juga membantu memulihkan keseimbangan alkalin asam dalam tubuh. Cuka sari apel ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol, menurunkan kadar gula darah hingga memperbaiki gejala diabetes.

Campurkan setengah cangkir cuka dengan setengah cangkir air rebus hingga mendidih. Hirup uap secara perlahan-lahan.

9. Kayu cendana
Mengoleskan serbuk cendana di dahi dapat menstimulasi perhatian kita dan membantu untuk lebih fokus. Sifat dingin pada cendana memiliki pengaruh besar terhadap tubuh dan pikiran. [***]

Sumber; CNNIndonesia

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*