Sayutin Budianto Tongani

“Ring Satu” Longki Djanggola Hengkang dari Partai Gerindra

Palu, Jurnalsulawesi.com – Di tengah gelora dan “sahwat” politik para pemimpin partai dalam membangun soliditas dikalangan internal, ternyata tidak memberikan garansi bagi kader untuk betah dan tetap bertahan sebagai loyalis sekaligus laskar dalam membangun kejayaan partai.

Terbukti beberapa pengurus partai mengambil sikap ambivalen lalu mengundurkan diri dengan alasan, di partai yang sempat mengorbitkan namanya sudah tidak lagi ditemukan dinamisasi dan harmonisasi. Bahkan tak tanggung-tanggung, sosok kader yang selama ini dikenal sebagai thing theng dari ketua partai pun harus eksodus, karena merasa tidak diberikan panggung untuk mengembangkan karir politik.

Sebagai bukti, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Diklat DPD Partai Gerindra Sulteng, Sayutin Budianto Tongani, SSos menyatakan saat ini ia telah keluar dari Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto. Hal ini ditandai dengan surat pengunduran diri yang dilayangkan kepada DPD Partai Gerindra Sulteng pada tanggal 26 Januari 2018 lalu. “Betul saya telah menyatakan diri keluar dari Partai Gerindra,” kata Sayutin kepada Jurnalsulawes.com, Jumat (2/2/2018) malam.

Meski demikian kata Suyutin, dirinya belum menyatakan akan bergabung dengan partai lain. “Jujur ada beberapa partai yang sudah melamar, namun saya belum menyatakan sikap. Untuk saat ini saya masih colling down dulu berpartai. Masih perlu berpikir dan berikhtiar, baru kemudian menentukan langkah politik kedepan,” katanya.

Yang jelas tambahnya, ia tidak akan mengubur keinginan untuk berpolitik karena bagaimana pun hanya melalui partai politik keinginan dan mimpi besar masyarakat akan bisa terwujud dan tersalurkan.

Namun untuk saat ini kata Suyutin ia ingin konsentrasi membangun dan memajukan usahanya. “Intinya keinginan untuk berpolitik tetap ada namun untuk berlabuh di partai mana belum bisa saya tentukan,” tutur mantan Sekretaris Internal pemenangan LONGKI’S di Pilgub 2015 lalu.

Sementara menurut Rudy Afrianto, salah seorang politisi di Kota Palu, dengan hengkangnya ring satu Ketua DPD Gerindra Sulteng Drs Longki Djanggola yang juga mantan Kepala Badan Diklat DPD Gerindra Sulteng ini, akan memberikan angin segar serta energi baru bagi partai lain dimana ia berlabuh.

Menurut Rudy ini adalah sikap dan pilihan politik yang harus diberi apresiasi. ” Soal pindah partai itu hal yang lumrah. Karena itu hak prerogatif seorang kader untuk menentukan pilihan politiknya,” tandasnya.

Ia juga berpendapat bahwa partai politik saat ini murni hanya sebagai kendaraan politik, bukan institusi yang memiliki fungsi pendidikan politik dan ideologi. “Akan banyak figur politik yang akan loncat partai. Ini bukti bahwa partai gagal menjadikan kadernya sebagai kader yang ideologis,” tutup mantan Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur ini. [***]

Rep; Agus Manggona

(Visited 2.401 times, 2 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*