Rutin Konsumsi Cokelat Baik untuk Kesehatan dan Kulit

Jurnalsulawesi.com – Bagi sebagian orang, menikmati sebatang cokelat bisa meninggalkan perasaan bersalah karena khawatir bisa menambah berat badan. Tapi ternyata, mengonsumsi cokelat punya manfaat yang baik bagi kesehatan.

Seorang ahli nutrisi Cassandra Barns mengungkapkan manfaat mengonsumi cokelat mentah, yakni cokelat yang belum diproses dan lebih menyehatkan. Meski tidak benar-benar sama dengan cokelat batang yang Anda konsumsi sehari-hari, cokelat mentah bisa ditambahkan ke dalam puding atau smoothies.

Dilansir dari laman The Sun, berikut lima manfaat sehat yang bisa didapat dari cokelat.

Baik bagi jantung
Cokelat mentah kaya akan flavanol, senyawa tanaman yang dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung, menurunkan tekanan darah dan peradangan, bahkan memperbaiki kadar kolesterol.

“Kadar flavanol dapat banyak berkurang ketika cokelat dibakar untuk membuat cokelat konvensional,” kata Cassandra.

Selain itu, Cassandra menambahkan, cokelat juga kaya akan kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan magnesium yang penting untuk fungsi otot, dan jantung adalah otot yang paling penting.

Meningkatkan energi
Cokelat mengandung kafein dalam jumlah kecil, bersamaan dengan theobromine yang memiliki efek meningkatkan energi secara ringan, tanpa rasa gugup yang bisa Anda dapat seperti saat minum kopi.

“Makan beberapa potong cokelat mentah bisa menjadi cara membangkitkan semangat yang baik di siang hari tanpa perasaan stimulasi yang berlebihan dan gugup seperti ketika minum kopi,” kata Cassandra.

Apa yang membuat cokelat menjadi penambah energi yang baik adalah kandungan magnesiumnya. Magnesium penting bagi tubuh untuk memproduksi energi, dan banyak orang yang tidak mendapatkan jumlah magnesium yang cukup setiap harinya.

Baik untuk kulit
Cassandra mengatakan, mengonsumsi cokelat yang kaya flavanol bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, juga meningkatkan sirkulasi di kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan mengurangi kulit kasar dan berkerak.

“Mengonsumsi cokelat bisa membantu membuat Anda tampil muda, tapi pilih cokelat yang mentah untuk manfaat yang luar biasa,” ujar Cassandra.

Mencapai target olahraga
Efek meningkatkan energi yang alami dari cokelat mentah bisa menambah energi Anda sebelum olahraga, memberikan Anda dorongan yang diperlukan untuk melakukan sesi di gym.

“Magnesium yang ada dalam cokelat mendukung fungsi otot, menambah keseimbangan elektrolit dan bisa bermanfaat bagi pemulihan otot juga,” kata Cassandra.

Selain itu, flavanol dalam cokelat bisa memberikan efek antiperadangan, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mendukung pemulihan setelah olahraga.

Membuat bahagia
Cokelat mengandung beberapa zat yang bisa mempengaruhi suasana hati secara positif, yang meliputi phenylethylamine (PEA), senyawa alami yang dibuat di otak.

“PEA berkaitan dengan mood yang baik, dan dikatakan diproduksi dalam jumlah besar ketika kita jatuh cinta. Cokelat juga kaya akan mineral seperti magnesium dan seng yang membantu memproduksi zat kimia otak yang menimbulkan perasaan baik seperti serotonin dan dopamin,” tutur Cassandra. [***]

Sumber; Viva

(Visited 34 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*