Seorang anak tengah diperiksa dokter spesialis THT dalam bakti sosial Satgas Nusantara Polda Sulteng, di Kelurahan Banawa, Kabupaten Donggala, Selasa (12/2/2019). [Humas Polda Sulteng]

Satgas Nusantara Polda Sulteng Gelar Bakti Sosial di Donggala

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah melalui Bidang Kedokteran Kesehatan (Bidokkes) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nusantara bekerjasama dengan Polres Donggala, menggelar bakti sosial kesehatan di Kelurahan Banawa, Kabuaten Donggala, Selasa (12/2/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya melayani dan membantu masyarakat, untuk meringankan beban warga yang kurang mampu, khususnya yang menjadi korban bencana pada 28 September 2018 yang lalu.

Bakti sossial yang diikuti ratusan warga tersebut diantaranya, khitanan masal, pengobatan umum, pemeriksaan Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), pemeriksaan gigi dan pelayanan KB secara gratis.

Warga yang berdomisili di sekitar Mapolres Donggala itu sangat antusias mengikuti pengobatan gratis yang dilaksanakan Satgas Nusantara Polda Sulteng.

Tercatat, kegiatan yang dilaksanakan sejak Pukul 08.00 itu sebanyak 100 anak-anak mengikuti khitanan massal, pengobatan umum 250 orang, pelayanan KB 100 orang, pemeriksaan THT 100 orang dan pemeriksaan gigi diikuti 100 orang.

Dalam pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan, Biddokkes Polda Sulteng selaku penanggung jawab kegiatan menurunkan beberapa dokter ahli dan staf kesehatan dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulteng.

Turut hadir dalam bakti sosial itu diantaranya, Kapolda Sulteng diwakili oleh Dirbinmas Kombes Pol. Mohamad Ngajib, SIK, Wakil Bupati Donggala Muh. Yasin, Pejabat Utama Polda Sulteng, Kapolres Donggala, Pengurus Bhayangkari Daerah Sulteng, Ketua dan Pengurus Bhayangkari cabang Donggala

Selain mendapatkan pengobatan gratis, masyarakat yang hadir juga diberikan bingkisan yang disiapkan panitia. Sekira 1.000 bingkisan dibagikan secara cuma-cuma kepada warga.

Kapolda Sulteng dalam sambutannya yang yang dibacakan Dirbinmas Kombes Pol. Mohamad Ngajib, SIK, mengatakan bakti sosial kesehatan dan pengobatan gratis ini dilaksakan untuk memeriksa kondisi kesehatan warga Kabupaten Donggala.

“Ini dilakukan agar kesehatan masyarakat tetap terjaga, sehingga bisa berperan aktif dalam mendukung Satgas Nusantara, guna mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, khususnya di wilayah hukum Polres Donggala,” jelasnya.

Selain itu kata Kapolda, tujuan utama kegiatan bakti sosial kesehatan Satgas Nusantara Polda Sulteng untuk membantu masyarakat yang tengah kesulitan di bidang kesehatan, yang bertujuan utuk meningkatkan derajat kesehatan warga.

Kapolda menambahkan, sudah selayaknya pengobatan gratis semacam ini lebih sering dilaksanakan demi terciptanya masyarakat yang sehat. Karena kesehatan adalah modal utama untuk menggapai masa depan.

“Kami berharap, bakti sosial kesehatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Donggala,” ujarnya.

Penulis; A. Yudhistira/*

(Visited 19 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*