Kapolres Donggala, AKBP Arie Ardian Rishadi, SIK. [Jose Rizal]

Satu Tersangka Kasus KONI Donggala Mangkir dari Panggilan Penyidik

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dana hibah KONI Donggala, Kaharuddin Katjo menjalani pemeriksaan di ruang Krimsus Tipikor Polres Donggala, Senin (12/3/2018). Tersangka yang juga Ketua KONI Donggala tersebut menghadiri panggilan penyidik tanpa didampingi kuasa hukumnya.
BACA JUGA: Tersangka Kasus Dana Hibah KONI Donggala

Sementara itu, mantan Sekretaris KONI Donggala, Aslan Rembagau yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka, mangkir dari penggilan penyidik. Aslan dikabarkan sakit dan sedang menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit di Makassar.

Selama proses pemeriksaan, wartawan tidak diperbolehkan mengambil gambar. “Maaf pak nanti sebentar saja, masih dalam proses pemeriksaan,” kata penyidik.

Kapolres Donggala, AKBP Arie Ardian Rishadi, SIK mengatakan penyidik sudah memiliki alat bukti untuk menjerat kedua tersangka.

“Keduanya dikenakan pasal 2 dan 3 UU Tipikor dengan ancaman penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun dan denda paling sedikit 200jt,” kata Kapolres.

Kapolres menegaskan anak buahnya akan mengkros cek kebenaran sakitnya Aslan Rembagau. Sekaligus melayangakan surat pemanggilan kedua.

“Kita akan lakukan kros cek kondisi kesehatan Aslan Rembagau apa benar sakit atau pura-pura sakit,” ujarnya

Arie menjelasakan pemeriksaan terhadap ketua KONI diperkirakan belum rampung hari ini. Pihaknya belum memastikan apakah Kaharuddin Katjo akan ditahan atau tidak.

“Saya menunggu hasil pemeriksaan dan Kasat Reskrim pasti akan memberikan laporannya. Kita belum pastikan ditahan atau tidak,” tukasnya.

Kasus KONI Donggala ini bermula dari hasil audit BPK. BPK menyebutkan telah terjadi penggunaan dana yang tidak jelas dan tidak wajar serta tidak dapat dipertanggungjawabkan penggunaanya. Penggunaan dana hibah untuk Poprov di Kabupaten Poso tahun 2014 itu dinilai merugikan keuangan daerah hingga ratusan juta rupiah. [***]

Penulis; Jose Rizal

(Visited 135 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*