[Ilustrasi]

Sering Kelamaan Main Game? Lima Risiko Ini Patut Diwaspadai

Jurnalsulawesi.com – Bagi sebagian orang, main game di smartphone, komputer, atau konsol game dianggap sebagai hal yang paling menyenangkan dan menghibur. Saking senangnya, banyak orang yang sampai lupa waktu saat sedang bermain game.

Tentunya, segala hal yang berlebihan memiliki dampak negatif, termasuk kebanyakan bermain game.

Bagi kamu yang sering lupa waktu dan tak bisa berhenti main game, berikut beberapa risiko yang dialami jika bermain game terlalu lama.

1. Kecanduan
Jika kamu terlalu lama bermain game tentu bisa menyebabkan kecanduan dan tak bisa berhenti main game.

Bahkan, hasil studi yang dilakukan Iowa State University menyebut, sekitar 4-10 persen orang yang bermain gim dengan waktu normal juga bisa kecanduan gim.

2. Obesitas
Bermain game terlalu lama ternyata juga bisa menimbulkan obesitas. Bagaimana tidak, saat asyik bermain game biasanya seseorang terus duduk dalam jangka waktu lama tanpa bergerak sama sekali.

Jika aktivitas main game dibarengi dengan makan cemilan, bahaya obesitas pun mengintai.

3. Kebutaan
Kerusakan pada mata juga merupakan bahaya bermain gim terlalu lama. Oktober 2017, seorang wanita asal Guangdong, Tiongkok, mendadak buta karena bermain game mobile Honour of Kings selama 24 jam non-stop.

Wanita bernama Wu Xiaojing ini kehilangan penglihatan sebelah kanan dan belakangan Wu didiagnosa menderita oklusi retina mata kanan.

Biasanya hal ini terjadi pada orangtua dan jarang ditemui pada remaja, namun karena ketegangan mata yang cukup parah kebutaan terjadi pada Wu.

4. Kejang-Kejang
Mayoritas penderita epilepsi berpotensi mengalami kejang-kejang jika bermain game terlalu lama. Hasil penelitian yang dilakukan National Institutes of Health menyebut, 27 dari 35 penderita epilepsi mengalami kejang karena terlalu lama main gim.

5. Kerusakan Punggung Bawah
Bahaya lain dari bermain gim terlalu lama adalah kerusakan punggung bawah. Lazimnya gejala ini dialami orang yang sudah berusia lanjut.

Namun berdasarkan laporan European Spine Journal, bermain gim ternyata berhubungan dengan punggung manusia. Jika seseorang bermain game terlalu lama, berapa pun usianya, ia rentan mengalami kerusakan punggung, terutama di bagian bawah.

Bila kamu yang berlebihan saat main game, harus lebih pandai mengatur waktu main game. Jangan sampai hal-hal di atas kamu alami ya.[***]

 

Sumber; Liputan6

(Visited 14 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*