SPHP akan Gelar Seminar Hukum Progresif di Tolitoli

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Serikat Pekerja Hukum Progresif (SPHP) Indonesia akan menggelar seminar terbuka tentang Hukum Progresif di Tolitoli, Sabtu (6/1/2018) mendatang.

Mewakili Koordinator SPHP Indonesia, Agussalim, SH yang akan menjadi salah satu pembicara dalam seminar tersebut mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan LBH Progresif Tolitoli dan akan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Dekan Fakultas Hukum dan Senat Mahasiswa Universitas Madako Tolitoli.

“Seminar dalam bentuk diskusi terbuka dengan mengangkat masalah Hukum Progresif dari pendekatan Ilmiah Prof Satjipto Rahardjo,” kata Agus di Palu, Kamis (4/1/2018).

Kata Agus, saat ini gagasan hukum progresif dari Satjipto Rahardjo ini sudah menjadi ‘kiblat’ para aktivis Paralegal dan Advokasi pergerakan sosial kemasyarakatan di Indonesia.

Melihat berbagai aspek pembangungan demokrasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Tolitoli kata Agus, Hukum Progresif dapat dilakukan sebagai Legal Demokratik dengan perjuangan Hukum di tingkat lokal.

“Dengan hadirnya Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli dan kalangan akademisi Universitas Madako, kegiatan ini dapat dimaksimalkan sebagai paradoks dinamika demokrasi lokal dalam bingkai Indonesia Zama Now,” terang Agus.

Agussalim, SH saat ini memiliki kapasitas dalam kelembagaan Organisasi Massa Lawyer Rakyat yang tergabung di Confederation Lawyer Asia Pasific (COLAP) dan memiliki jaringan dengan berbagai LBH-LBH di Indonesia.

“SPHP sendiri adalah wadah berhimpun Ormas Nasioanal,” imbuhnya.

Sementara LBH Progresif Tolitoli lebih mengedepankan program prioritasnya melalui Gerakan Paralegal dan advokasi non litigasi.

“Karena tidak semua masalah hukum harus diselesaikan melalui pengadilan. Apalgi terkait kasus rakyat dalam merebut kedaulatan sumber-sumber penghidupan agrarianya. Hal itu juga ditegaskan Juanda, salah satu Advokat Rakyat yg aktif di LBH Progresif, bahwa semua itu ada dalam keputusan politik,” jelas Agus lagi.

Sementara Ketua LBH Progresif Tolitoli, Wandi S.Pd. merupakan aktivis Paralegal yang bukan memiliki latar belakang hukum, namun memimpin institusi LBH dari pendekatan Paralegal sebagai prioritas daya juang Hukum Progresif.

“Wandi sebagai Direktur LBH Progresif Tolitoli merupakan sarjana Pendidikan, namun pendidikan Paralegal dan Advokasi Kebijakan.

“Kita berharap, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dari tradisi hadirnya aktivitas kritis pemikiran untuk merumuskan tindakan konkrit dalam memperjuangkan hukum progresif,” tutup Agus. [***]

Rep; Sutrisno

(Visited 85 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*