Anggota DPRD Donggala, Syafruddin K.

Tak Anggarkan Jamkesda RS Kabelota, Anleg Soroti Dinkes Donggala

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Anggota Legislatif (Anleg) DPRD Kabupaten Donggala, Syafruddin K menilai Pemerintah Kabupaten Donggala dalam hal ini Dinas Kesehatan lebih peduli pada perawatan kendaraan dinas (Randis), ketimbang perlindungan kesehatan masyarakat miskin.

Hal itu kata dia tergambar dalam buku penjabaran APBD tahun 2018, dimana Dinas Kesehatan tidak menganggarkan pembiyaan untuk pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat miskin melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di RSUD Kabelota.

Menurut Syafruddin Pemerintahan yang di pimpin oleh Kasman Lassa saat ini melepaskan tanggungjawab terhadap jaminan kesehatan kepada masyarakat miskin padahal itu adalah hal yang paling mendasar.

“Dalam penjabaran buku APBD 2018 saya tidak menemukan anggaran Jamkesda untuk RSUD Kabelota. Dinas Kesehatan malah lebih peduli terhadap perawatan kendaraan dinas hingga ratusan juta rupiah,” katanya, Kamis (21/6/2018).

Syafruddin menambahkan, untuk RS Pratama Tambu, Dinas Kesehatan menganggarkan pembiyaan kesehatan kepada masyarakat sebesar Rp200 juta. Sementara RSUD Kabelota adalah Rumah Sakit Utama di Kabupaten Donggala Dinas Kesehatan tidak menganggarkannya.

“Ini kan timpang. Masa hanya RS Pratama dianggarkan Jamkesda sementara Kabelota tidak. Bagaimana nasib warga miskin yang berada di Rio Pakava, Pinembani, Banawa Selatan, Banawa Tengah, dan Banawa. Ini artinya orang miskin dilarang sakit sebab pemerintah tidak menyiapkan anggaran,” ujarnya kesal.

Syafruddin mendesak agar pimpinan dewan menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan. Karena banyak permasalahan kesehatan yang tidak ditangani dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Donggala. [***]

 

Penulis; Jose Rizal

(Visited 32 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*