Pebalap TdCC menaklukkan jalur Kebun Kopi, pada Etape III, Rabu (8/11/2017). [Wati/FB]

TdCC 2018 Dipastikan Masuk Agenda UCI

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola memimpin rapat evaluasi Tour de Central Celebest (TdCC) 2017 di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur, Rabu (22/11/2017). Dalam rapat tersebut, Gubernur Longki didampingi, Sekertaris Daerah Provinsi, Mohammad Hidayat Lamakarate, Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Zalzulmida Aladin Djanggola, dan Kadis Pariwisata Ardiansyah Lamasituju.

Menurut Gubernur Longki, rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kelebihan dan kekurangan iven berskala internasional tersebut. Bila terdapat kekurangan, maka harus diperbaiki dengan harapan, TdCC yang akan dihelat tahun depan dapat berjalan sesuai harapan, dan kekurangan-kekerangan sebelumnya menjadi acuan bahan perbaikan di masing-masing bidang kepanitiaan.

“Maka sudah dipastikan pelaksanaan TdCC tahun 2018 mendatang, pasti kita laksanakan dengan ketambahan jumlah etape,” katanya

Gubernur yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng ini mengungkapkan, jumlah etape sebelumnya hanya 3, pada TdCC 2018 menjadi 5 etape. Di mana star awalnya dari Kabupaten Banggai, menuju etape 2 di Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Kota Palu, Sigi, dan Kabupaten Donggala. Kemudian finishnya di depan Kantor Gubernur Sulteng.

“Khusus Kabupaten Sigi, pemerintahnya berkeinginan bukan hanya dilalui, tetapi menjadi satu etape,” tutur Gubernur Longki.

Olehnya, Ia meminta supaya TdCC 2018 dipersiapkan sedini mungkin termasuk persiapan-persiapan jalan yang akan dilalui sesuai dengan ketentuan per etape. Pada Kesempatan itu, Gubernur Longki juga member catatan khusus kepada tehnikal pelaksana, Dr. Hasan sudah terdaftar di Union Cycliste Internationale (UCI) agar pesertanya lebih banyak seperti Tour de Singkarak.

“Sekarang agar secepatnya mendaftar dengan rekomendasi dari ICF dan ISSI,” pintanya.

BACA JUGA: Pemenang TdCC Tidak Mendapatkan Poin Peringkat

Gubernur Longki, mengaku berterimakasih kepada panitia pelaksana dan semua pihak yang telah menyukseskan TdCC 2017, pasalnya, selama ini iven ini berlangsung tidak peristiwa atau insiden yang terjadi, utamanya terhadap para pembalap. Ia mengatakan, dibalik kesuksesan itu ada maksud yang terkadung di dalamnya, terutama memperkenalkan seluruh destinasi destinasi wisata Sulteng, serta bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang dilalui TdCC. Yang tidak kalah pentingnya kata Gubernur Longki, pemprov membuktikan masyarakat nasuonal maupun internasional bahwa suksesnya TdCC di Sulteng menunjukan daerah ini aman dikunjungi, baik untuk berwisata dan berinvestasi.[***]

 

Rep; Bob Shinoda

(Visited 265 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*