Nyawa pebalap MotoGP tak hanya terancam ketika berada di lintasan, paddock juga menjadi tempat rawan untuk terjadinya sebuah kecelakaan.[Crash]

Tiga Insiden Kontroversial di Paddock MotoGP

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Ajang balap MotoGP sampai kapanpun merupakan olahraga yang berbahaya. Tak ada olahraga motorsport yang benar-benar steril dari kecelakaan, baik ringan hingga yang levelnya fatal.

Sejarah mencatat beberapa pebalap kehilangan nyawa di ajang balap motor dunia, termasuk di MotoGP. Sejumlah aturan terus dibuat untuk mengurangi insiden-insiden fatal di lintasan. Faktor keamanan pebalap selalu menjadi priorotas, meskipun kadang masih ada saja insiden yang tak terduga.

Salah satu yang masuk kategori tersebut adalah insiden di paddock MotoGP. Menariknya, insiden bukan hanya melibatkan pebalap, tapi terkadang anggota tim mekanik maupun fans.

Beberapa insiden sempat terjadi ketika para pebalap MotoGP tengah melakukan aktivitas di Paddock. Insiden terbaru tentu saja yang melibatkan Andrea Iannone (Suzuki) dan Aleix Espargaro (Aprilia).

Berikut rangkuman tiga insiden yang melibatkan rider MotoGP ketika tengah berada di paddock yang dikutip dari Bola.com:

Valentino Rossi

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tertangkap kamera tengah melakukan aksi tak pantas kepada seorang wanita di area paddock Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (12/11/2016).[AP Photo]

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tertangkap kamera tengah melakukan aksi tak pantas kepada seorang wanita di area paddock Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 12 November 2016. The Doctor menendang seorang wanita yang menghalangi jalannya saat hendak meninggalkan area paddock dengan mengendarai motor.

Bukan pebalap di lintasan yang menjadi korban tendangan Rossi kali ini, melainkan seorang wanita yang ingin mengambil foto selfie dengan The Doctor di area paddock. Rossi yang terburu-buru tampak enggan meladeni aksi penggemarnya tersebut. Dia langsung tancap gas sembari menendang sang wanita tanpa mengucapkan permintaan maaf.

Aksi Rossi ini kemudian menjadi viral di dunia maya. Video yang diunggah di facebook oleh Juan Carlos Luque telah dibagikan sebanyak 86 ribu kali.

Alvaro Bautista

Balapan flag to flag membuka peluang terbukanya kecelakaan di dalam area paddock semakin besar. situasi yang membuat para pebalap untuk cepat berganti motor terkadang membuat tingkat kewaspadaan menurun.[Motorsport]

Balapan flag to flag memperbesar peluang terjadinya insiden di area paddock. Situasi yang memaksa para pebalap cepat berganti motor terkadang membuat tingkat kewaspadaan menurun.

Pada balapan MotoGP Argetina 2016, Alvaro Bautista, terlibat insiden ketika menjalani balapan flag to flag. Rider asal Spanyol itu secara tidak sengaja menabrak salah satu mekanik saat masuk ke pitbox.

Insiden Bautista menjadi perhatian serius para pebalap MotoGP. Mereka meminta pengelola MotoGP membuat terobosan baru agar kejadian tersebut tak terulang lagi di kemudian hari.

Andrea Iannone

Kecelakaan di area paddock saat balapan flag to flag kembali terjadi pada balapan MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2017).

Insiden di area paddock saat balapan flag to flag kembali terjadi pada balapan MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2017). Kali ini, pebalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, mengalami nasib sial karena tak bisa melanjutkan balapan setelah menabrak motor rider Aprilia, Aleix Espargaro, di pit lane.

“Saat saya masuk, Aleix Espargaro sedang keluar. Untuk menghindarinya saya mengerem dengan keras dan terjatuh,” kata Iannone seperti dilansir Crash.

“Dalam situasi ini sudah jelas saya tidak bersalah. Pengawas Balap juga telah mengambil tindakan yang benar,” imbuh dia.

Kejadian ini membuat Iannone kembali gagal finis pada balapan MotoGP 2017. Rider asal Italia tersebut terpuruk di posisi ke-16 klasemen sementara pebalap dengan koleksi 28 poin.[***]

 

Source; Bola.com

 

 

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*