[Ilustrasi]

Tips Memilih iPad Sesuai Kebutuhan

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Apple telah mengumumkan lini produk terbarunya yakni iPad edukasi. Jika diperhatikan dari segi penampilan, perangkat anyar ini sekilas nampak serupa dengan seri pendahulunya.

Saat ini, beberapa seri iPad yang beredar di pasaran memiliki turunannya masing-masing. Dari segi tampilan, semua nampak serupa tapi tak sama.

Ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan, terutama dari sisi fitur dan kemampuan. Tiga jenis yang akan dijelaskan berikut adalah iPad baru yang menyasar pelajar, iPad Pro dan iPad generasi awal.

Ketiga perangkat ini didesain dengan kegunaan berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Umumnya, pengguna yang tidak memiliki kebutuhan khusus seperti desain gambar atau multimedia secara profesional bisa memilih iPad pada kelas pemula. Harga dari tablet tersebut berkisar di angka US$329 atau di kisaran Rp4,5 juta.

iPad standar memiliki layar berbentang 9,7 inci dengan resolusi 2048×1536. Kameranya bersensor 8MP dan sudah didukung stylus.

Dari segi baterai, iPad entry level diklaim mampu bertahan hingga 10 jam. Dapur pacunya ditenagai prosesor A10 yang juga mentenagai iPhone 7.

Namun bagi pengguna yang membutuhkan prosesor bertenaga lebih kuat untuk bekerja, maka iPad Pro akan lebih cocok. Harga iPad Pro dimulai dari US$649 atau Rp9 juta.

Perangkat tersebut menawarkan kelebihan yang tak hadir di lini tablet Apple lainnya. iPad Pro memiliki prosesor A10X yang lebih cepat dibanding pendahulunya.

Selain itu, Apple juga mengizinkan penggunaan pensil stylus pada perangkat ini untuk memudahkan menggambar, membuat sketsa atau mencatat. Perbedaan iPad Pro dengan iPad pemula adalah layarnya yang lebih bagus.

iPad Pro membawa resolusi 2.224 x 1.668 yang kaya akan warna gamut, lapisan anti-reflektif, dan dukungan True Tone. Layar ini akan membantu saat bekerja dengan foto dan video yang membutuhkan ketajaman warna namun juga diklaim mampu bertahan 10 jam.

Kecepatan refresh dari iPad Pro juga lebih tinggi dibanding iPad standar sehingga terasa akan lebih responsif untuk menggambar. Hal ini terutama akan sangat berguna bagi artis atau desainer.

Seri Pro juga memungkinkan pengguna untuk mencolokkan keyboards dan case keyboard sehingga pengguna profesional tak perlu menggunakan bluetooth untuk mengetik. Perangkat ini juga memiliki kamera lebih baik dengan sensor 7MP yang didukung OIS dan autofocus.

Sementara itu, iPad terbaru yang menyasar anak sekolah dibanderol dengan harga US$299 atau Rp4,1 juta dan $329 atau Rp4,5 juta untuk konsumen umum. Keunggulan iPad ini selain harganya yang sedikit lebih miring dibanding iPad standar adalah kemampuan mendukung stylus crayon dan keyboard case Logitech.

Stylus tersebut hanya dibanderol US$49 atau Rp670 ribu, jauh lebih murah dari Pencil Apple yang dilego Rp1,3 juta. Harga tersebut akan lebih cocok untuk anak-anak di sekolah.

iPad baru yang tersedia dalam warna perak, abu-abu dan emas ini dilengkapi dengan Touch ID, kamera FaceTime HD, daya tahan baterai 10 jam, kamera belakang 8MP, opsi LTE dan chip Apple A10 Fusion. Apple juga menambahkan 200GB penyimpanan secara default untuk perangkat ini. [***]

Sumber; CNNIndonesia

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*