Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto, bersilaturahmi dengan Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, Jumat (12/1/2018). [Ahmad]

TNI-IAIN Kerjasama Penguatan Perdamaian Sulteng

Palu, Jurnalsulawesi.com – Tentara Nasional Indonesia lewat Korem 132 Tadulako bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), sepakat membangun kerjasama untuk peningkatan dan penguatan perdamaian sosial di daerah ini.

Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto mengakui melibatkan IAIN Palu dalam pencegahan terhadap konflik sosial, bencana alam serta lingkungan.

“Kunjungan ini dalam rangka mempererat hubungan komunikasi yang baik dengan rektor dan jajarannya, termasuk juga nanti dengan mahasiswa,” ungkap Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto, disela-sela silaturahmi dengan Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, di ruang kerja rektor, Jumat (12/1/2018).

Kolonel Agus Subiyanto mengatakan kedepan antara TNI dan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri seperti IAIN Palu akan saling bersinergi lewat program – program dan peran dua lembaga tersebut.

Misalkan, pencegahan konflik sosial di masyarakat. Dimana, sebut Agus Subiyanto, IAIN akan diberikan peran seperti penyuluhan dibidang agama kepada masyarakat.

Komitmen itu sebagai bentuk perwujudan terhadap penguatan nilai – nilai kebangsaan yang berdampak terhadap perdamaian antarsesama manusia dalam bingkai NKRI.

Tidak sebatas itu, kata Kolonel Agus, IAIN juga akan dilibatkan dalam bencana sosial, mulai dari tahapan investigasi, evakuasi, pembinaan masyarakat untuk peningkatan sumber daya manusia terhadap lingkungan, hingga ke tahapan lebih tinggi.

“Iya, nanti mahasiswa ada bidangnya disitu. Misalnya di bencana alam, konflik sosial, mahasiswa ada tahapannya disitu seperti investigasi hingga ke tahapn yang lain,” ujarnya.

Terkait hal itu Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf Pettalongi MPd menyambut baik rencana kerjasama tersebut.

Pakar managemen pendidikan ini mengatakan IAIN sebagai salah satu perguruan tinggi keagamaan Islm negeri, memiliki salah satu tanggung jawab yaitu pembinaan dan peningkatan sumber daya masyarakat untuk perdamaian di Sulawesi Tengah.

“Rencana kerjasama ini sangat baik, saya selaku pimpinan menyambut positif. Kerjasama ini akan diikutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman/memorandum of understanding,” sebutnya.

Kata Saggaf, IAIN bersedia untuk melibatkan mahasiswanya dalam pencegahan konflik sosial, bencana sosial dan lingkungan.

IAIN Palu, urai dia, dapat melibatkan dosen dan mahasiswanya lewat lembaga pengabdian masyarakat pada perguruan tinggi itu, dengan peran pembinaan masyarakat.

Danrem 132 Tadulako Kolonel Agus Subiyanto SE MSI dalam kunjungan silaturahminya di IAIN Palu didampingi oleh antara lain kasrem 132 Tadulako Letkol Inf Andrian S dan Kapenrem Kapten Inf Asrar.

Kunjungan itu disambut langsung oleh Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Abidin, Direktur Pascasarjana Prof Dr Syahabuddin, Dekan Fakultas Adab dan Dakwah Dr Lukman S Thahir dan Dr Mohammad Idhan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. [***]

Rep; Ahmad

(Visited 81 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*