Togean International Oceanic Festival
Pulau Papan, Kepulauan Togean yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan Togean International Oceanic Festival (TIOF) yang pertama pada 7-11 Agustus 2018.

Togean International Oceanic Festival Siap Digelar

Palu, Jurnalsulawesi.com – Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, akan menggelar Togean International Oceanic Festival (TIOF) di Pulau Papan, kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, 7-11 Agustus 2018.

“Persiapan sudah maksimal, tinggal menunggu hari penyelenggaraan yang insya Allah dibuka Deputy Kementerian Pariwisata dan Gubernur Sulteng,” kata Dg. Mario Pawdjoi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Touna yang dihubungi di Ampana melalui telepon dari Palu, Selasa (31/7/2018).

Togean International Oceanic Festival (TIOF) 2018 ini merupakan kegiatan international yang pertama kali diselenggarakan dan akan dipusatkan di Pulau Papan, Kecamatan Talatako.

Pulau ini bisa dijangkau dengan menggunakan kapal cepat selama dua jam dari Kota Ampana, ibu kota Kabupaten Tojo Unauna.

“Kemarin saya baru dari sana, dan melihat persiapan sudah hampir rampung. Panggung terapung sudah selesai dan tinggal ditarik ke lokasi kegiatan untuk didekorasi,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Tojo Unauna Admin Lasimpala menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung konsep yang digagas oleh Franki Raden bersama tim yang menggelar TIOF ini.

Program TIOF di antaranya adalah pertunjukan world music, pesta kulinari seafood yang diramaikan oleh demo masak Chef Juna.

Ada juga workshop, pesta layang-layang, yoga dan fashion show di tengah laut, karnaval maritim, pelbagai olahraga laut Suku Bajo, lomba fotografi jurnalisme, eco-friendly diving & coral reef planting serta seminar tentang Taman Laut Togean.

TIOF 2018 akan dimeriahkan oleh kehadiran artis top dunia seperti Chris Berry (pemenang Grammy), Andi Rif (bintang rock Indonesia), Chantal Dewi (DJ top Indonesia), Chef Juna, Samuel Wattimena (perancang busana top Indonesia).

Ada juga Grup Samulnori Han Bapeh dari Korea, Ivan Nestorman (penyanyi balada dari Flores), Nita Artsen Latin Band, Ino Ensemble (grup world music top di Indonesia), nona ria (grup indie top dari Jakarta), Hariyanti pemenang liga dangdut dari Ampana, musik krambangan dari Poso, Sanggar Tari Kayori dari Ampana, musik gambus Suku Bajo dari Kabalutan.

Kadis Pariwisata Touna ini optimistis TIOF akan akan mendongkrak kunjungan wisata di wilayah itu dan tentunya berdampak juga meningkatkan pendapatan daerah.

“Untuk kenaikan kunjungan wisata pasti dong karena ini kegiatan memang agendanya untuk mengugah perhatian internasional karena melibatkan pihak-pihak internasional,” ujarnya. [***]

 

Sumber; Antara

(Visited 34 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*