[Ilustrasi]

Tujuh Tanda Tubuh Butuh ‘Me-Time’

Jurnalsulawesi.com – Sebagian orang membayangkan ‘sendirian’ sebagai sesuatu yang sulit diwujudkan. Jangankan diwujudkan, membayangkannya saja enggan. Namun, memiliki waktu sendiri adalah hal yang penting.

“Ini sebenarnya proses yang sangat penting untuk memberikan diri kita waktu dan ruang sendiri untuk lepas, hal-hal terkait pekerjaan, atau hanya tidak terhubung dengan segala sesuatu di sekitar kita,” ujar psikolog, Nikki Martinez, mengutip Bustle.

Pertanyaannya, kapan Anda membutuhkan waktu untuk sendiri alias ‘me time’? Berikut beberapa sinyalnya.

1. Ketakutan saat ponsel berdering
Bagi sebagian orang, ponsel jadi senjata utama saat bekerja. Tak hanya itu, ponsel juga dianggap mampu menggantikan tugas-tugas benda lain. Orang bisa memanfaatkannya sebagai alarm, buku catatan, dan penunjuk waktu. Apalagi saat ponsel berdering, mau tidak mau orang buru-buru menjawab.

Akan tetapi, jika Anda merasa takut saat ponsel berdering, artinya Anda perlu waktu dengan diri sendiri. Konselor klinis, Paula Anderson mengatakan, tubuh mencoba memberitahu untuk menjauh dari ponsel dan memerlukan waktu untuk menyendiri sejenak.

2. Terlalu khawatir
Rasa cemas atau khawatir wajar terjadi. Namun, itu mulai tidak wajar jika semua hal kecil turut menyita perhatian. Orang perlu jeda untuk sejenak menjauh dari rutinitas.

Jika tidak, ada kemungkinan rasa khawatir akan terus-menerus muncul dan berlangsung lama. Gangguan kecemasan bisa saja terjadi jika rasa khawatir ini berlangsung selama enam bulan atau lebih.

3. Sering merasa lelah
Tubuh tetap merasa lelah meski sudah cukup tidur bisa menjadi sinyal bahwa Anda perlu ‘me time’.

“Tidur itu benar-benar menghabiskan waktu sendiri, sehingga merasa mengantuk atau lelah bisa memaksa kita untuk lebih banyak sendiri dengan cara yang mudah,” kata life coach, Laura Powers.

4. Sakit
Lelah yang tidak segera ditindaklanjuti hanya akan berakhir menjadi sakit. Reaksi ini wajar mengingat tubuh tidak mendapatkan apa yang ia perlukan.

“Dengan sakit, tubuh kita akan bereaksi saat kita tidak mendapat apa yang diperlukan,” kata Laura.

Menurut Laura, sakit memaksa tubuh untuk beristirahat. Tubuh yang sakit biasanya diawali dengan demam sepulang kerja atau flu. Sepele, tetapi ini sinyal agar Anda memiliki waktu untuk santai.

5. Semua orang dianggap mengganggu
Orang sekitar mungkin tak melakukan sesuatu yang bermaksud mengganggu. Namun, jika dalam satu waktu Anda merasa bahwa semua orang adalah gangguan, artinya Anda membutuhkan ‘me time’.

“Teman sekamar, pacar, atau orang tua mungkin berjalan di seputaranmu. Tiap bunyi langkah mereka terdengar menakutkan,” kata life coach, Nina Rubin memberikan contoh.

Hal-hal demikian wajar terjadi lantaran level sensitivitas seseorang akan meningkat pada kondisi itu. Ini jelas menjadi sinyal untuk rehat sejenak.

6. Frustasi meski tanpa alasan
Tak ada sesuatu yang terjadi atau dilakukan tanpa alasan. Ada alasan untuk marah, kecewa, atau sedih. Namun, pernahkah Anda merasa marah tapi tak tahu mengapa? Ini bisa jadi tanda Anda perlu pergi dan mencari waktu sendiri.

Tak perlu pergi jauh. Jalan-jalan di sekitar komplek rumah cukup untuk menjernihkan pikiran dan bersantai.

7. Makan berlebih
Tanda lain yang menunjukkan bahwa seseorang memerlukan waktu sendiri ialah makan berlebih. Hal ini terjadi karena dalam kondisi itu, seseorang cenderung mencari sesuatu yang nyaman, misalnya dengan makan.

Terkadang, stres juga mendorong orang untuk makan lebih banyak. Padahal, yang diperlukan hanyalah waktu untuk sendiri dan menjauhkan diri sejenak dari sumber stres. [***]

Sumber; CNNIndonesia

(Visited 13 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*