Tim khusus PLN Area Palu mendatangi pelanggan yang menunggak dan melakukan pemutusan meteran. [Ist]

Tunggakkan Pelanggan PLN Area Palu Tembus Rp36 Miliar

Palu, Jurnalsulawesi.com – Di tengah kondisi kelistrikan wilayah Palu dan sekitarnya yang saat ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, justeru tidak berbanding lurus dengan realisasi pembayaran pelanggan. Terbukti tunggakkan pelanggan listrik PLN Area Palu saat ini telah mencapai Rp36 miliar.

“Kami dari PLN Area Palu sudah berupaya memberikan pelayanan maksimal. Contohnya saat bulan Ramadhan tahun ini, meskipun terjadi padam hanya beberapa saat dan dapat segera kami pada hari itu juga. Tapi kondisi ini tidak berbanding lurus dengan pembayaran rekening listrik oleh pelanggan yang pada saat ini tunggakan listrik pelanggan PLN Area Palu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” kata Manager PLN Area Palu, Abas Saleh dalam keterangannya Senin (25/6/2018).

Abas Saleh menyampaikan bahwa tunggakan pelanggan sebesar Rp36 miliar itu merupakan tunggakan pelanggan pasca bayar, dari total omset sekira Rp50 miliar perbulan.

“Kondisi ini akan sangat mempengaruhi kinerja PLN Area Palu dalam operasional pelayanan maupun kinerja secara korporat. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pelanggan listrik pintar dan pelanggan yang tertib membayar tagihan setiap bulannya, karena sangat penting untuk menunjang kinerja operasional PLN Area Palu. ,” imbuh Abas, tanpa merinci masing-masing golongan yang menunggak pembayaran.

Secara korporat kata Abas, saat ini PLN Area Palu diberikan target agar merealisasikan Nol tunggakan atau nihil tunggakan. PLN juga sudah berusaha memberikan edukasi ketaatan membayar tagihan listrik tepat waktu melalui sosialisasi langsung petugas PLN, sosialisasi melalui media cetak dan elektronik serta melalui tempat-tempat ibadah.

BACA JUGA: PLN Palu Akan Putus Meteran Pelanggan
Perhitungan kinerja semester I 2018 sisa 5 hari lagi dan hal itu akan sangat menentukan langkah PLN Area Palu ke depan. “Kami sangat berharap bantuan seluruh masyarakat Palu dan sekitarnya untuk menyampaikan kepada saudara, kawan dan tetangga untuk segera membayar tagihan listriknya. Karena hal itu sangat membantu operasional dan kinerja kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik yang sudah menikmati listrik maupun yang belum berlistrik,” kata Abas penuh harap.

Sebelumnya, PLN Area Palu telah melakukan upaya untuk menuntaskan tunggakan pelanggan. Bahkan, penuntasan tunggakkan itu akan dilakukan dengan mendatangi langsung para pelanggan yang menunggak dan melakukan pemutusan meteran listrik. Namun hingga menjelang berakhirnya masa kerja semester I 2018, tunggakkan pelanggan justru meningkat dari sebelumnya yang hanya sekira Rp25 miliar. [***]

Penulis; Sutrisno/*

(Visited 48 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*