Salah satu kegiatan Outbond yang digelar Unismuh Palu, beberapa wktu lalu. [Ist]

Unismuh Palu Akan Gelar Seminar Ilmiah Nasional

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) berencana akan menggelar Seminar Ilmiah Nasional, bertajuk Pengaplikasikan Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menuju Muhammadiyah yang Berkemajuan.

Kegiatan yang digelar dalam Rangkaian Milad Unismuh Palu ke-34 dan Milad Muhammadiyah ke 105 M/108 H itu, akan menghadirkan seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia.

Ketua Panitia Seminar, Wahiduddin Basry, ST, MT mengatakan, seminar Ilmiah Nasional itu, akan membahas mengenai Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang jadi peserta seminar tersebut. Harapannya, agar keberadaan perguruan tinggi Muhammadiyah memberi manfaat dan memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kata dia, kegiatan seminar nasional itu, juga salah satu upaya LPPM Unismuh Palu, dalam mewujudkan visi dan misi Unismuh Palu, yakni Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dalam pembelajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Islam pada tahun 2025. Dimana wujud nyatanya tertuang dalam misi Unismuh Palu, utamanya pada poin 2 dan 3, yakni menyelenggarakan penelitian yang berhasil guna dalam pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat dan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan berdaya guna.

“Kita maksimalkan perwujudan visi dan misi ini, khususnya terkait pemberdayaan dan penelitian,” jelasnya.

Kata dia, dalam merekonstruksi sistem ekonomi, sosial, budaya dan politik saat ini, maka pendidikan tinggi harus terus berupaya menciptakan terobosan baru, guna menunjang pembangunan Nasional secara menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian harus diarahkan pada inovasi dan tanggapan cepat terhadap kebutuhan masyarakat.

“Bidang penelitian juga diarahkan untuk kajian iptek dan sosbud, yang dalam jangka panjang akan berdampak pada kemajuan ekonomi dan daya saing,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini harus terus dikembangkan, makanya pihaknya terus berupaya mengemas program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang disesuaikan dengan perkembangan Iptek dan Sosbud serta kebutuhan pembangunan.

“Maka itulah seminar ini, akan membahas mengenai Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah, tentunya perlu mendorong terbangunnya sistem inovasi yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan daerah, nasional, dan global,” pungkasnya.[***]

 

Rep; Jose Rizal/*

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*