TKA asal China [Ilustrasi]

Viral, TKA Asal China Penuhi Pesawat Tujuan Kendari

Bagikan Tulisan ini :

“Tenaga Kerja Asing Dikasih Kerjaan, Di Sini Banyak Yang Nganggur Lho”
Jurnalsulawesi.com – Kabar tenaga kerja asing asal China membanjiri Indonesia kem­bali bikin heboh warga dunia maya. Terbaru, beredar video penerbangan pesawat menuju Kendari, Sulawesi Tenggara yang mayoritas penumpangnya WNA asal China. Kalau sudah begini, apa masih dibilang hoaks juga?

Seperti dikutip dari RMOL.co, kabar ini pertama kali disam­paikan Riefan Fajarsyah atau Ifan yang dikenal sebagai vokalis band Seventeen. Ifan mengaku kaget saat dirinya akan berangkat menuju Kendari pada Jumat (19/10/2017), pesawat yang ditumpanginya 80 persen diisi WNA asal China.

Ifan juga menyebutkan, seluruh WNA asal Cina itu tidak bisa berba­hasa Inggris maupun Indonesia. Hal yang membuatnya jengkel, ternyata menurut pengakuan pramugari pesawat, hal itu sudah biasa dalam penerbangan menuju Kendari.

Lewat akun instagram miliknya, Ifan kemudian memposting video yang menggambarkan kondisi dalam pesawat yang diisi penumpang yang mayoritas WNA asal China.

“Pada saat Indonesia masih berlebihan SDM nya, masih banyak pengangguran, bahkan kita masih banyak mengirimkan sodara-sodara kita buat kerja bertaruh nyawa di negeri orang, kenapa kita harus memasuk­kan tenaga kerja dari negeri lain?!” tulis Ifan di akun instagramnya.

Dalam postingannya, Ifan juga menulis keterangan bila informasi serupa tidak hanya terjadi di Sulawesi Tenggara. Dia juga mendapatkan informasi bahwa serbuan tenaga as­ing tersebar di Bogor, Solok Selatan (Sumatera barat), dan Manokwari.

Video yang diupload Ifan itu hingga kini sudah ditonton lebih dari 100 ribu warganet dengan ribuan komentar. Bahkan di jejaring Twitter, banyak warganet yang ikut mencuitkan video dari Ifan.

“OMG (oh my God) ..serbuan Tenaga Kerja Asing China memasuki wilayah Indonesia.. Disini aja Masih kurang-kurang serapan tenaga kerjanya.. Tanya Kenapa?” cuit akun @DaniRuwandani.

“Makin banyaknya tenaga kerja asing asal china, makain banyak pula pribumi yang nganggur #TamudiNegriSendiri,” tambah akun @ husnimubarok04.

“Mas ifan jangan heran tapi nikmatin aja…. Karena pemerentah lebih memilih untuk investasi dari china ya gitulah akibatnya,” cuit akun @andreoncom.

“Sementara jutaan rakyat indonesia susah mendapatkan Pekerjaan. Ironis skali!,” timpal akun @olinjonhar.

“Tambang disana hampir tidak ada orang Indonesianya, bahkan warung pun dari etnis China,” ungkap akun @basa_lemo. “Benar. Mereka dipekerjakan pada pertambangan nikel/smelter dan emas,” timpal akun @kiwalipitu.

“Sama ane juga pernah ngalamin tuh saat penerbangan dari kendari ke Surabaya, banyak tenaga kerja asing dan jelas-jelas mereka kerja di Indonesia, miris,” sambung akun @handdm171717.

“Masih adakah yg bilang kalau tenaga asing sudah membanjiri Indonesia itu HOAX!!!,” ledek akun @henao_212.

“Ayo. Mana tuh Pak yang kemarin-kemarin minta bukti soal pekerja asing masuk Indonesia. Ini jelas, mereka masuk dari Kendari menuju Morowali dan daerah lain. Parah,” kicau akun @0bay_u.

Isu tentang pekerja asal China bu­kan barang baru di kawasan Sultra. Pada Maret tahun 2017 di PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) terjadi konflik antara pekerja lokal dengan TKA China. Kepala Sub Seksi Informasi Imigrasi Kendari Muhammad Keti juga menyatakan pihaknya mengakui ada TKA China yang terlibat konflik dan melakukan investigasi lanjutan.

Bahkan belum lama ini, ada sejumlah WNA asal China yang dideportasi ke negaranya karena diduga melanggar keimigrasian. Para WNA itu terbukti bekerja secara ilegal di Kendari.

“Pak @hanifdhakiri -@KemnakerRI smg mau jelaskan temuan @ Ifanseventeen ini ? Info kayak ini berseliweran & smg tdk jd asumsi yg bahaya,” tanya akun @andi_chairil.

Melihat banyak postingan den­gan memention langsung ke akun pribadinya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dakhiri akhirnya bersuara. Dalam akun twitter-nya, Hanif meminta masyarakat berhati-hati dalam berasumsi yang menimbulkan kegaduhan.

“Perlu hati2 berasumsi krn kalau di pswt atau bandara kan blm tentu tenaga kerja. Bisa jg wisatawan kan? Tp saya akan cek info ini. Thx,” ujar akun @hanifdhakiri.

Warganet lainnya menunggu hasil investigasi yang akan dilakukan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk hal tersebut.

“Ditunggu hasil investigasinya pak menteri. Setelah sidak anda yg lalu apakah saat ini tenaga kerja asing makin berkurang atau seba­liknya?,” ujar akun @rifatrasjim.

akun @agusnasrullah mengaku sangsi bila rombongan WNA yang di pesawat itu datang mau bekerja di Indonesia. “Klo hanya mencari kerja knapa ke indonesia yg scara ekonominya di bawah china. Adakah agenda lain?” katanya.

“Negara lain juga mungkin san­gat geram lihat ratusan ribu TKI/ TKW ilegal asal Indonesia masuk ke negara mereka,” sambung akun @shinebelight.

“Yang saya tahu yang dari China itu teknisi yang pasang. Setelah operasi mereka pergi,” tutur akun @,aximvs09. [RMOL.co]

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*