Masyarakat Desa Pombewe menggelar syukuran selesainya pembangunan kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sabtu (10/2/2018) malam. [Ahmad]

Warga Sigi Syukuran Pembangunan Kampus IAIN

Bagikan Tulisan ini :

Sigi, Jurnalsulawesi.com – Warga Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi menggelar syukuran atas selesainya pembangunan kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di daerah tersebut.

Syukuran itu ditandai dengan pembacaan barzanji yang dihadiri seluruh imam masjid, tokoh adat, pemuda dan masyarakat Desa Pombewe berlangsung di teras gedung perkuliahan IAIN Palu di desa tersebut, Sabtu (10/2/2018) malam.

“Kegiatan syukuran dengan pembacaan barjanzi ini merupakan inisatif warga Desa Pombewe,” ungkap Kepala Desa Pombewe, Asraf Abas saat menyampaikan sepatah kata usai dalam syukuran tersebut.

Kegiatan bernuasa religi itu dihadiri Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Abidin Djafar dan Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Dr Kamaruddin, serta puluhan masyarakat dari Desa Pombewe.

Kata Asraf bahwa syukuran yang berangkat dari inisiatif warga di koordinir oleh Tokoh Masyarakat Abdul Wahab, yang merupakan salah seorang pejabat di lingkungan IAIN Palu.

Inisiatif itu, sebut Asraf, sebagai bentuk pelestarian budaya dan adat istiadat oleh warga Desa Pombewe. Karena, warga terbiasa secara turun temurun melakukan syukuran sebelum menempati gedung yang telah selesai dibangun.

“Kami di desa ini melakukan syukuran atas selesainya pembangunan suatu gedung sebelum di gunakan. Sama halnya ketika tiba masa panen, pasti dilakukan syukuran,” ujarnya.

Asraf sebagai kepala desa mewakili seluruh warga Desa Pombewe merasa bangga dan berterima kasih kepada IAIN Palu yang memilih desa tersebut, untuk pembangunan kampus II perguruan tinggi Islam negeri itu.

IAIN Palu membangun dua gedung perkuliahan berlantai tiga di Kabupaten Sigi dimulai pada pertengahan tahun 2017 dan selesai pada Desember 2017.

Keberadaan IAIN Palu di Desa Pombewe Kabupaten Sigi, tidak hanya memberikan dampak terhadap pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia untuk pembangunan perdaban manusia yang berdaya saing.

Tetapi kampus II IAIN Palu di Sigi itu turut serta menunjang percepatan pembangunan multi sektor Desa Pombewe secara khusus dan Kabupaten Sigi secara umum.

IAIN Palu di Sigi juga memberi dampak terhaap peningkatan dan percepatan perputaran ekonomi yang berdampak langsung terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat disekitar kampus itu. [***]

Rep; Ahmad

(Visited 71 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*