Direktur Operasional Wahana Visi Indonesia (WVI) Irene Marbun, memberikan sambutan pembukaan Festival Praktik Cerdas, di Ballroom Hotel Best Western Coco Palu, Selasa (17/5/2017). [Foto: Trisno]

WVI Gelar Festival Praktik Cerdas

Palu, Jurnsulawesi.com – Yayasan Kemanusiaan Wahana Visi Indonesia (WVI) bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Festival Praktik Cerdas.

Festival yang digelar di Hotel Best Western Coco Palu kali ini menampilkan 31 praktik hasil kreasi masyarakat, komunitas dan pemerintah. Dimana terdapat 31 program yang sudah dilakukan oleh berbagai komunitas atau LSM, yang selama ini telah diimplementasikan di Sulteng dan dikategorikan sebagai praktik cerdas, dengan tujuan dapat direplikasi, diperluas, dan diperkuat sehingga menghasilkan dampak yang lebih besar lagi untuk masyarakat Sulteng.

Festival yang akan berlangsung 17-18 Mei 2017  ini digelar sebagai bentuk apresiasi WVI atas inovasi pembangunan di Sulteng dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Acara ini merupakan apresiasi kami atas inovasi pembangunan di Sulteng. Dari acara ini, kita melihat bahwa semua elemen bergandengan tangan membangun,” kata Direktur Operasional Wahana Visi Indonesia (WVI) Irene Marbun, saat memberikan sambutan pembukaan Festival Praktik Cerdas, di Ballroom Hotel Best Western Coco Palu, Selasa (17/5/2017).

Irene menyebutkan, praktik cerdas adalah salah satu solusi yang terbukti berhasil dan berdampak langsung pada masyarakat sebagai penerima manfaatnya.

Praktik cerdas juga merupakan sebuah upaya atau kegiatan yang berhasil dilakukan untuk menjawab sebuah tantangan yang dihadapi oleh komunitas di daerah tertentu.

Praktik cerdas ini diikuti 31 peserta dengan berbagai inovasi, dari bidang kesehatan, pendidikan, hingga lingkungan hidup. Salah satunya adalah penerapan kurikulum lokal kontekstual tentang keberagaman dan moralitas di Kabupaten Poso.

Dari 31 peserta, nantinya akan diseleksi dan dipilih tiga praktik terbaik dan akan diberikan penghargaan pada malam apresiasi.

Irene berharap, inovasi praktik cerdas tersebut direplikasi oleh pengambil kebijakan di level provinsi dan kabupaten di Sulteng. “Ini demi kemajuan pembangunan demi masyarakat yang maju, mandiri dan berdaya saing,” imbuh Irene.

Festival ini juga diisi dengan dua seminar program pengembangan Adaptasi Perubahan Iklim dan Masyarakat Hidup Sehat untuk Generasi Berkualitas.

“Kami menyambut gembira kerjasama antara WVI dan BAPPEDA Sulawesi Tengah dalam menyelenggarakan Festival Praktik Cerdas Sulawesi Tengah ini. Kami sangat bersyukur dan bangga karena WVI dapat berkontribusi  dalam  berbagai praktik cerdas dalam festival ini. Harapan kami, praktik-praktik cerdas kami dan juga praktik cerdas lembaga lain dapat dibagikan kepada pemangku kepentingan lainnya agar dapat direplikasi, diperluas dan diperkuat sehingga dapat menghasilkan dampak yang lebih besar,” ujar Irene Marbun.

Suasana Festival Praktik Cerdas yang digelar Yayasan Kemanusiaan Wahana Visi Indonesia, di Hotel Best Western Coco Palu, Rabu (17/5/2017). [Foto: Trisno]

Sementara itu, Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola, M.Si, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan Hukum dan Politik Moh. Arif Latjuba, SE, M.Si, menyambut baik Festival Praktik Cerdas yang diselenggarakan WVI bersama Bappeda Sulteng ini.

Menurut gubernur, festival ini memberi motivasi agar pembangunan di Sulteng  dapat dilaksanakan dengan cara-cara yang inovatif, partisipatif, kontekstual, efektif, dan berkelanjutan.

“Hal ini menunjukkan komitmen kita untuk terus mendorong inovasi pembangunan yang direncanakan secara baik dan terukur untuk mewujudkan visi Sulawesi Tengah yang mandiri, maju dan berdaya saing. Selain bertujuan sebagai ajang pembelajaran dan penyebarluasan informasi. Itulah yang kita butuhkan saat ini agar pada masyarakat memiliki ketangguhan dan berdaya saing,” ujar gubernur.

Festival Praktik Cerdas yang dilaksanakan di Ibukota Provinsi Sulteng ini merupakan kegiatan ketiga, setelah sebelumnya digelar di Kalimantan Barat pada 2015 dan Nusa Tenggara Timur pada Tahun 2016 lalu. [***]

Rep; Sutrisno

Komentar Anda..!

Komentar

loading...

Tinggalkan Komentar Anda...